Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > BI Tunjuk Bank Layani Penukaran Uang saat Puasa hingga Lebaran

BI Tunjuk Bank Layani Penukaran Uang saat Puasa hingga Lebaran

METROSEMARANG.COM – Bank Indonesia (BI) menunjuk beberapa kantor bank di Jawa Tengah untuk melayani penukaran uang pecahan yang marak dilakukan masyarakat ketika memasuki bulan Ramadan hingga lebaran. Hal ini dilakukan agar antrean tidak menumpuk di Kantor Perwakilan BI dan peredaran uang ke masyarakat bisa lebih maksimal.

Kepala Perwakilan BI Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Kepala Perwakilan BI Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo menjelaskan, pihaknya akan memberikan tanda kepada para bank yang melayani penukaran uang dengan spanduk khusus. Dia menjamin tidak akan ada biaya tambahan bagi masyarakat yang akan melakukan penukaran.

“Hal ini juga kami harapkan mengurangi jumlah penjual uang pecahan yang biasanya ada di jalanan,” kata dia, Kamis (18/5).

Hamid menyebutkan, dalam sebulan BI  bisa mengedarkan uang sebesar Rp 4,9 Triliun di Jawa Tengah. Saat bulan Ramadan, jumlah peredaran uang bisa melonjak hingga Rp 17,8 Triliun pada tahun lalu. Pihaknya menyiapkan setidaknya kenaikan 10 persen dari tahun sebelumnya untuk mengantisipasi lonjakan permintaan penukaran uang pecahan tahun ini.

“Di bank-bank kami arahkan untuk menukarkan uang pecahan secara perorangan. Sedangkan untuk instalasi atau kolektif bisa dilakukan di Kantor BI,” ungkapnya.

Saat ini BI belum memutuskan kantor bank mana yang akan ditunjuk sebagai tempat penukaran uang pecahan. (ade)