Home > METRO BERITA > Ini Bidang Usaha PT Bhumi Pandanaran Sejahtera

Ini Bidang Usaha PT Bhumi Pandanaran Sejahtera

METROSEMARANG.COM – Pembentukan induk perusahaan (holding company) PT Bhumi Pandanaran Sejahtera oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam rangka mengantisipasi perkembangan ekonomi global. Selain itu meningkatkan produktifitas Badan Usaha Miliki Daerah (BUMD) yang sudah didirikan Pemkot dan untuk menggali potensi pendapatan asli daerah.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

‘’Agar pengelolaan secara lebih efektif dan efisien maka perlu diwadahi dalam sebuah Perusahaan Daerah Holding Company dengan bentuk Perseroan Terbatas (PT) yang mempunyai daya saing tinggi di tingkat nasional,’’ kata Ketua Pansus Pembentukan induk perusda PT Bhumi Pandanaran Sejahtera DPRD Kota Semarang Dr Anang Budi Utomo, Minggu (6/11).

Menurut Anang BU, Bhumi Pandanaran Sejahtera akan dipimpin oleh direksi yang terdiri dari seorang Direktur Utama dan paling banyak 4 orang Direktur. Untuk pengangkatan pertama kali Direksi ditunjuk oleh pendiri dalam hal ini Pemkot Semarang dan akan ditetapkan dalam akta pendirian perusahaan.

Untuk jabatan Direksi selanjutnya diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk jangka waktu 4 tahun dan dapat diangkat kem-bali. ‘’Prosedur, persyaratan, pengangkatan, masa jabatan, tugas dan wewenang serta pemberhentian Direksi diatur dalam akta pendirian,’’ ujarnya.

Demikian juga untuk jajaran Dewan Komisaris terdiri dari perwakilan para pendiri perusahaan yang terdiri dari seorang Komisaris Utama dan anggota komisaris paling banyak 4 orang. Adapun untuk bidang usaha dari PT Bhumi Pandanaran Sejahtera mencakup urusan yang cukup banyak. Berikut ini  bidang usaha PT Bhumi Pandanaran Sejahtera :

a. Pembangunan

b. Perdagangan umum dan jasa

c. Perindustrian

d. Pemanfaatan aset daerah

e. Pariwisata

f. Transportasi

g. Pertanian

h. Pertambangan dan Energi

i. Pergudangan

j. Kepelabuhanan

k. Usaha lain yang sah. (duh)