Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Biksu Dapat Akses Khusus saat Beribadah di Borobudur

Biksu Dapat Akses Khusus saat Beribadah di Borobudur

METROSEMARANG.COM – Pemerintah semakin mempermudah akses bagi para biksu yang ingin beribadah secara khusyuk di Candi Borobudur, Magelang. Sebab, Kepala Balai Konsevasi Borobudur, Marsis Sutopo, menganggap selama ini kedatangan para biksu selalu bercampur dengan wisatawan yang masuk melalui jalur zona 1.

Ilustrasi  Foto: dok metrojateng.com
Ilustrasi
Foto: dok metrojateng.com

“Waisak itu kan acaranya Walubi. Maka beribadah kita beri akses di zona 1 supaya tidak terganggu. Pelaksanaannya itu dibatasi pengunjung yang tidak beribadah,” kata Marsis saat di Kota Lama Semarang, Senin (19/9).

Kemudahan akses bagi pemuka agama Budha itu dengan memberikan akes jalan masuk khusus tanpa melewati zona 1. Ia menambahkan bahwa anjuran itu demi menjaga kekhusukan ibadah para biksu di candi warisan Syalendra tersebut.

Karena itulah, ia kini terus berkoordinasi dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur. Para biksu di masa mendatang tak perlu lagi membayar tiket masuk di Borobudur.

“Sebenarnya kalau konteks orang beziarah atau biksu di luar Walubi harus di pintu khusus, baik melalui balai konservasi atau pintu 7. Tidak melalui tiket. Karena sejauh itu untuk kepentingan agama tidak membayar,” tandasnya. (far)