Home > METRO BERITA > BMKG Ingatkan Potensi Terjadi Bencana 3 Hari ke Depan

BMKG Ingatkan Potensi Terjadi Bencana 3 Hari ke Depan

METROSEMARANG.COM – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Semarang mengingatkan warga Semarang potensi terjadinya bencana. Mengingat 3 hari ke depan diperkirakan kota ini diguyur hujan lebat.

Ilustrasi

Kepala Seksi Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang, Agus Sudariyatno mengatakan, hujan lebat diperkirakan berdurasi singkat. Namun intensitasnya di atas 50 milimeter, sehingga rawan terjadi banjir, longsor, dan angin kencang.

‘’Apalagi kondisi tanah sudah banyak kandungan air setelah hujan beberapa hari sebelumnya. Jadi masyarakat perlu waspada bencana,’’ ujarnya, Rabu (14/12).

Warga di Semarang bagian atas, harus mewaspadai bencana tanah longsor. Apalagi yang tinggal di daerah-daerah tebing. Perkembangan hunian yang cukup pesat juga akan mempengaruhi kondisi tanah di daerah tersebut.

Sementara bagi yang tinggal di Semarang bagian bawah, perlu mewaspadai banjir. Terlebih jika curah hujan tinggi akan ada resiko terjadi rob yang dapat menambah semakin buruk kondisi lingkungan warga.

‘’Waktu terjadinya hujan diperkirakan siang dan malam hari. Sedangkan pagi harinya masih ada sinar matahari. Tapi sinar matahari itu bisa mengakibatkan awan konvektif yang nantinya bisa menjadi awan cumulonimbus,’’ kata Agus. (duh)