Home > METRO BERITA > METRO JATENG > BNN Jateng Perketat Pengawasan Peredaran Narkoba lewat Jalur Tikus

BNN Jateng Perketat Pengawasan Peredaran Narkoba lewat Jalur Tikus

METROSEMARANG.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng akan memperketat seluruh akses transportasi, terutama kereta api. Pasalnya peredaran narkoba saat ini dirasa sangat pesat, bahkan kini telah memasuki daerah-daerah pelosok.

Kepala BNN Jateng, Brigjen Tri Agus Heru

Kepala BNN Jateng, Brigjen Tri Agus Heru mengatakan tak hanya jalur kereta api, namun juga jalur-jalur tikus harus diwaspadai. “Seperti di Jawa Barat dan di Kepulauan Karimunjawa, di sana banyak jalan-jalan kecil yang bisa dilewati kurir narkoba, kita perketat disitu,” ujarnya saat gelar kasus pengungkapan tembakau gorila dari Cilacap dan sabu dari jaringan Solo di Kantor BNN Jawa Tengah, Kamis (6/4).

Sementara itu, upaya pengetatan pengawasan di jalur kereta api, BNN akan bekerja sama dengan PT. KAI serta menempatkan petugas khusus. Selain petugas yang akan melakukan penggeledahan kepada setiap penumpang, alat pemindai akan disiagakan guna mengecek barang bawaan.

Tingginya peredaran melalui jalur kereta via Solo membuat pihak BNNP Jateng akan membentuk BNN sendiri di wilayah Solo. “Solo mendapat atensi tersendiri karena tingginya peredaran,” ujar Tri.

Tri juga mengatakan permintaan pengguna di Jawa Tengah sangat tinggi, sehingga harus dipasok dari luar daerah yang melalui berbagai jalur. “Lebih baik para pengguna mengikuti program rehabilitasi yang didukung pemerintah daripada berurusan dengan penegak hukum dan menghuni penjara,” tutup Tri. (fen)