Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Bobol Toko Emas, Pencuri Gasak Perhiasan Rp 1,5 Miliar

Bobol Toko Emas, Pencuri Gasak Perhiasan Rp 1,5 Miliar

METROSEMARANG.COM – Toko Mas Kidang di Jalan Mataram 14 Kompleks Pasar Rejowinangun, Magelang dibobol maling. Pelaku merusak brankas dan menggondol perhiasan emas 3 kilogram yang ditaksir senilai Rp 1,5 miliar.

Foto: metrojateng.com
Foto: metrojateng.com

Pembobolan toko emas ini baru diketahui pada Kamis (21/7) sekitar pukul 08.00. Saat itu pemilik toko, Elsiana (65) mendapati gembok pintu depan sudah diganti. Dia kemudian masuk melalui pintu belakang.

“Saya datangnya bareng sama Bu Elsiana, sekitar jam 08.00 pagi. Saat itu pintu depan tidak bisa dibuka karena gemboknya sudah diganti,” kata Siti Aisyah, salah satu karyawan setempat.

Di dalam toko, Elsiana menemukan brankas perhiasan dalam kondisi rusak dan seluruh isinya raib. “Brankasnya rusak di bagian samping. Kemungkinan dirusak pakai alat las, karena di situ juga ditemukan tabung gas 3 kilo,” imbuhnya.

Menurutnya, isi brankas terdiri dari berbagai perhiasan emas, seperti cincin, gelang, kalung, dan liontin. Beratnya sekitar 3 kilogram lebih.

Diduga, maling itu masuk dari pintu depan dengan merusak gembok. Setelah berhasil menguras isi brankas, pelaku keluar lagi dan mengunci pintu dengan gembok baru. 

Kapolres Magelang Kota, AKBP Edi Purwanto membenarkan telah terjadi pembobolan toko emas tersebut. Pihaknya menerima laporan sekitar pukul 08.00 WIB dan langsung mengirim tim untuk olah TKP.

Di lokasi kejadian, petugas menemukan kondisi brankas memang sudah rusak dan ada tabung gas 3 kg di sampingnya. Semua dibawa sebagai barang bukti, termasuk gembok baru dan anak kunci gembok lama.

Edi juga mengatakan, timnya langsung bergerak memburu pelaku berdasarkan keterangan saksi-saksi. Sayang, toko emas ini tidak dilengkapi kamera pengintai. “Kami langsung bentuk tim untuk memburu pelaku,” tegasnya. (metrojateng.com/MJ-24)