Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Bongkar PKL, Bandara Ahmad Yani Sabet Penghargaan Kemenhub

Bongkar PKL, Bandara Ahmad Yani Sabet Penghargaan Kemenhub

METROSEMARANG.COM – Otoritas Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang pantas bangga lantaran mampu menyabet penghargaan prestisius dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa (4/10). Mereka dianggap sukses menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di wilayah kerjanya.

PT Angkasa Pura I akan melakukan penataan gerai di dalam Bandara Ahmad Yani. Foto: metrosemarang.com/dok
PT Angkasa Pura I akan melakukan penataan gerai di dalam Bandara Ahmad Yani. Foto: metrosemarang.com/dok

General Manager PT Angkasa l Pura I Bandara Internasional Ahmd Yani Semarang Priyo Jatmiko pun tak segan mengatakan bahwa, ia rela kehilangan pendapatan Rp 3 miliar akibat membersihkan PKL di lobi bandaranya.

“Meski pendapatan kita hilang Rp 3 miliar akibat hal itu, tapi kita enggak masalah demi memberikan pelayanan prima bagi calon penumpang,” terangnya saat sesi temu media di bandaranya.

Bandara Ahmad Yani bersama empat bandara lainnya mendapat penghargaan Prima Madya 2016 dari Kemenhub atas raihan tersebut. Keempat bandara itu antara lain Adisutjipto Yogyakarta, Internasional Lombok, Adi Sumarmo Solo dan Sultan Hasanudin Makassar.

Sedangkan Prima Utama diraih I Gusti Ngurah Rai Denpasar, SAMS Sepingan Balikpapan, Sam Ratulangi Manado dan Djuanda Surabaya. “Ini hasil kita setelah berbenah di segala lini pelayanan,” kata Priyo.

Ia memamerkan bila kini di lobi bandaranya bersih dari PKL dan mesin-mesin ATM. Calon penumpang bisa duduk nyaman dengan fasilitas pendingin ruangan.

Di area parkirnya, ia mengubah lahan kumuh belakang masjid jadi parkir tambahan. Lalu di terminal dalam bandara, ia menambah tempat duduk bagi calon penumpang agar tak ada yang berdiri tatkala pesawat delay.

“Sudah lengkap dengan internet dan pusat informasi wisata Semarang. Makanya dengan mempunyai duta bandara dan wisata, kita ingin mempermudah penumpang mencari destinasi wisata setibanya di Semarang,” tukasnya. (far)