Home > METRO BERITA > BP2KS Ingin Kualitas Pemandu Wisata Lebih Baik

BP2KS Ingin Kualitas Pemandu Wisata Lebih Baik

METROSEMARANG.COM – Badan Promosi Pariwisata Kota Semarang (BP2KS) melakukan pelatihan untuk meningkatkan kualitas para pemandu wisata di Semarang. Pelatihan bekerjasama dengan PT Angkasa Pura ini dinilai bagian untuk mengembangkan kepariwisataan di Semarang.

Gendawangan menjadi salah satu atraksi di Sam Poo Kong yang menarik minat wisatawan. Foto: metrosemarang.com/dok

Ketua BP2KS Benita Arijani mengatakan, perlu keterlibatan instansi pemerintah dalam mengembangkan destinasi wisata di daerah. Pihaknya mengapresiasi PT Angkasa Pura yang mau bekerjasama menggelar pelatihan ini.

”Pihak ketiga dapat memanfaatkan program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dimiliki untuk bersama-sama membesarkan pariwisata di daerah,” ujarnya saat pelatihan yang diikuti sekitar 50 peserta di MG Setos Hotel, Semarang, Rabu (28/12).

Dijelaskan, bahwa pengembangan pariwisata tidak bisa hanya mengandalkan peran dinas pariwisata semata. Namun dengan adanya keterlibatan pihak lain, maka proses pengembangan destinasi wisata termasuk pemandu wisata akan semakin optimal.

Bersama Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Semarang, pihaknya siap memberikan pelatihan terhadap para pemandu wisata. Untuk meningkatkan skill dan kemampuan mereka. Pihak ketiga seperti halnya PT Angkasa Pura bisa membantu menyiapkan dananya.

β€œIni bentuk nyata kerjasama dan dukungan pihak ketiga untuk memajukan dunia pariwisata Kota Semarang,” tegasnya.

General Manager PT Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko menegaskan, pihaknya sangat mendukung pengembangan pariwisata Kota Semarang ini. Sebab keberadaan Bandara Ahmad Yani juga merupakan salah satu pintu gerbang masuknya wisatawan ke Kota Semarang.

”Keberadaan pramuwisata sendiri tidak bisa dipisahkan dari destinasi dan obyek wisata yang ada. Karena itu kami gelar pelatihan ini melalui dana CSR. Kalau pembenahan sarana fisiknya tentunya menjadi tanggungjawab pemerintah,” katanya. (duh)