Home > METRO BERITA > BPJS Kesehatan Targetkan Cover Seluruh Penduduk Indonesia pada 2019

BPJS Kesehatan Targetkan Cover Seluruh Penduduk Indonesia pada 2019

Ahmad Anshory Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Ahmad Anshory
Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) merupakan cerminan budaya Indonesia yang tersruktur dalam sistem. Masyarakat secara tidak langsung membantu saudaranya yang sedang mengalami kesulitan keuangan. Menurut anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), Ahmad Anshory, baru kali ini ada sistem yang mengatur tentang gotong royong secara nasional.

Dia menambahkan, BPJS kesehatan menargetkan pada 2019 nanti untuk sudah meng-cover seluruh penduduk Indonesia dengan layanan jaminan kesehatan ini. Namun tidak dipungkiri, sampai saat ini Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri belum diatur. “Kami masih mengkaji hal ini,” kata dia dalam workshop BPJS bersama AJI Semarang di Hotel Horison, Jumat (10/4).

Untuk meraih target tersebut, maka dukungan dari semua pihak, termasuk media memegang peran penting. “Harmonisasi antara media dan BPJS sangat penting. Harus ada tulisan mengenai BPJS yang sederhana tapi langsung mengena. Selain itu, kearifan lokal seperti wayang juga bisa dimanfaatkan sebagai media penyampai,” terangnya.

Dijelaskan, perjalanan BPJS untuk merangkul seluruh masyarakat pernah mengalami guncangan. BPJS pernah mengalami defisit keuangan pada 2012 lalu. Kejadian tersebut dinilai normal bagi Anshory dan merupakan kewajiban pemerintah untuk tetap menyediakan layanan jaminan tersebut kepada rakyatnya. (ade)