Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Mahasiswa Undip Gelar Sosialisasi di Kampung Batik

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Mahasiswa Undip Gelar Sosialisasi di Kampung Batik

METROSEMARANG.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi di Kampung Batik, Kelurahan Rejomulyo, Semarang Timur. Kegiatan yang dikemas dalam acara “Gebyar Ambassador 2016” tersebut juga melibatkan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Diponegoro (Undip) dan berlangsung serentak di 29 Kampung Profesi di Indonesia pada Sabtu, 19 November.

Gebyar Ambassador 2016 di Kampung Batik Semarang. Foto: istimewa
Gebyar Ambassador 2016 di Kampung Batik Semarang. Foto: istimewa

Gebyar Ambassador 2016 yang berlokasi di Kampung Batik Semarang dimulai pukul 07.00 WIB yang diawali dengan kegiatan Gerakan Pungut Sampah (GPS) oleh seluruh penerima beasiswa KSE. Selain GPS, para penerima beasiswa juga melakukan sosialisasi mengenai pentingnya daerah resapan air dan cara bercocok tanam yang benar dengan memanfaatkan botol bekas kepada masyarakat Kampung Batik.

Selanjutnya, dilakukan sosialisasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Case Manager BPJS Ketenagakerjaan wilayah Semarang, Ari Novi Nugroho, Lurah Rejomulyo, Sholeh Muzdhafar dan Wakil Rektor I Universitas Diponegoro bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA.

Gebyar Ambassador 2016 di Kampung Batik Semarang. Foto: istimewa
Gebyar Ambassador 2016 di Kampung Batik Semarang. Foto: istimewa

Sosialisasi tersebut memberikan informasi kepada warga setempat mengenai program jaminan sosial yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP) bagi pekerja Penerima Upah (PU). Sementara untuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) hanya memiliki tiga program jaminan social, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT).

Selain sosialisasi, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang merupakan kerjasama antara para Ambassador BPJS Ketenagakerjaan dengan Departemen Student Social Responsibility (SSR) Paguyuban KSE Universitas Diponegoro. Selama kegiatan pemeriksaan kesehatan, terdapat pula hiburan rakyat yang diselingi dengan pembagian door prize. (vit)