Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > BPJS Ketenagakerjaan Semarang Targetkan 124 Ribu Peserta hingga Akhir 2016

BPJS Ketenagakerjaan Semarang Targetkan 124 Ribu Peserta hingga Akhir 2016

METROSEMARANG.COM – Ada beberapa cara yang ditempuh untuk menumbuhkan kesadaran para tenaga kerja informal dan pemberi kerja untuk mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional BPJS Ketenagakerjaan. Selain sosialisasi rutin, cara yang dilakukan adalah dengan ekspos media saat penyerahan klaim.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Majapahit Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Memang kami sudah melaksanakan sosialisasi setiap pekan ke lapangan namun itu belum cukup. Perlu adanya ekspos dari media agar masyarakat lain melihat bahwa jaminan sosial ini merupakan kebutuhan yang utama,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Majapahit Semarang, Yosef Rizal, Selasa (27/12).

Saat ini, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Kota Semarang adalah sebanyak 102.000. Jumlah ini terbilang kecil jika melihat potensi di Kota Semarang yang merupakan kota niaga yang tentunya banyak tenaga kerja formal. Hingga akhir 2016 ini, ditargetkan peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah 124.000.

Hingga November 2016, klaim yang sudah dibayarkan mencapai Rp 76 miliar untuk program Jaminan Hari Tua, Rp 3,9 miliar untuk kecelakaan kerja, Rp 2,7 miliar untuk kematian dan Rp 84 juta untuk program pensiun. (ade)