Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > BPR Diminta Tetap Layani Masyarakat Akar Rumput

BPR Diminta Tetap Layani Masyarakat Akar Rumput

METROSEMARANG.COM – Bank Perkreditan Rakyat (BPR)/ BPR Syariah diminta untuk tetap bekerja sesuai dengan segmennya yang bergerak di wilayah akar rumput. BPR/S diminta untuk tidak terlalu bernafsu dalam merangkul semua segmen.

Acara Kinerja BPR/S Semester I tahun 2016 dan sharing session di Ballroom Crowne Plaza Semarang, Kamis (25/8). Foto: metrosemarang/ade lukmono
Acara Kinerja BPR/S Semester I tahun 2016 dan sharing session di Ballroom Crowne Plaza Semarang, Kamis (25/8). Foto: metrosemarang/ade lukmono

Menurut fasilitator dari Dunamis, Ria Sidabuntar, jika BPR/S melebarkan sayap terlalu lebar untuk mencakup segmen, maka BPR/S akan kehilangan identitas aslinya. Pasar atau nasabah dikhawatirkan juga akan merasa bingung jika ini terjadi.

“Selain itu, BPR akan memiliki saingan baru, yakni bank-bank besar,” kata dia, Kamis (25/8) dalam acara Kinerja BPR/S Semester I tahun 2016 dan sharing session dengan tema ‘Membangun BPR/S yang Unggul’ di Ballroom Crowne Plaza Semarang.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Jateng dan DIY, Panca Hadi Suryatno mengatakan, BPR sebenarnya sudah memiliki nasabah loyal. Loyalitas nasabah tidak berubah meski bunga BPR lebih tinggi daripada bunga bank besar.

Selain itu, dia menilai kinerja BPR/S dalam satu semester di 2016 sangat baik. Bahkan kinerja BPR di Jateng-DIY berkontribusi 21,07 persen dalam hal aset di lingkup nasional.

“Secara umum, peningkatan kinerja dari 252 BPR dan 25 BPR Syariah di Jateng-DIY bisa dikatakan meningkat. Asetnya kini mencapai Rp 23,9 miliar per Juli 2016. Ini terjadi peningkatan sebesar 16,14 persen. Peningkatan ini lebih baik daripada peningkatan aset nasional yang berada di bawah peningkatan aset Jateng-DIY, yakni 13 persen,” paparnya. (ade)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link