Home > METRO BERITA > BRT Koridor III bakal Diluncurkan Oktober

BRT Koridor III bakal Diluncurkan Oktober

image

SEMARANG¬ – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika
(Dishubkominfo) Kota Semarang mengajukan Rp 1,6 miliar pada APBD
perubahan 2014 untuk rencana operasi koridor III BRT Trans Semarang. Ditargetkan tambahan satu koridor ini bisa diwujudkan pada 1 Oktober 2014 nanti.

Pengajuan anggaran tersebut, dialokasikan untuk pengadaan armada
angkutan dan biaya operasioanl seperti bahan bakar, supir, perawatan,
dan lainnya. Pengadaan armada angkutan akan dilakukan melalui unit pengadaan lelang Pemkot Semarang yang diharapkan diperoleh pemenang lelang yang kredibel.

‘’Anggaran untuk pengadaan memang baru diajukan, tapi kami dibolehkan untuk sudah melakukan pengadaan lelang pada unit pengadaan lelang yang ada di Pemkot Semarang,’’ kata Kepala Badan Layanan Umum (BLU) BRT Trans Semarang, Bambang Kuntarso, Minggu (10/8/2014).

Pengadaan armada BRT Trans Semarang di koridor III akan dilakukan
sebanyak 10 unit ukuran sedang seperti BRT yang beroperasi di koridor II dan IV. Berdasarkan mekanisme yang ada diharapkan dalam 23 hari ke depan, lelang pengadaan armada ini sudah dilakukan dan sudah diketahui pihak pemenangnya.

Bambang mengatakan, jika mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebenarnya tidak ada anggaran untuk operasional koridor III. Sebab dalam rencana pembangunan tersebut, selama lima tahun hingga 2015, Pemkot Semarang hanya diamanatkan untuk mengoperasikan 3 koridor. Dan saat ini sudah terppenuhi dengan telah beroperasinya BRT koridor I, II, dan IV.

‘’Tapi karena untuk pelayanan masyarakat, Pemkot Semarang akan segera mengoperasikan satu koridor lagi yaitu koridor III ini. Rencana sudah ada tinggal menunggu anggaran,’’ tegas Bambang. (MS-13)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link