Home > METRO BERITA > Buah Ajaib Penangkal HIV/AIDS Dipamerkan di Semarang

Buah Ajaib Penangkal HIV/AIDS Dipamerkan di Semarang

METROSEMARANG.COM – Bumi Cenderawasih Papua yang kaya keanekaragaman hayati ternyata menghasilkan berbagai tumbuhan ajaib yang mampu memperpanjang usia seseorang. Salah satunya buah merah, yang ditunjukkan para petani Mimika saat ikut pameran kerajinan dan hasil karya inovatif di Java Mall Semarang, Kamis (3/11).

Buah merah yang berkhasiat menangkal HIV/AIDS dipamerkan di Java Mall Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Buah merah yang berkhasiat menangkal HIV/AIDS dipamerkan di Java Mall Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Endro Dwi Pratomo, seorang pembina petani buah merah di Mimika menyebut, buah merah sangat ampuh meredakan virus HIV/AIDS yang menjangkit dalam tubuh manusia. “Memang setelah dipetik lalu dicuci bersih, direbus dan diambil minyaknya, buah merah ini sangat manjur meningkatkan daya tahan tubuh bagi orang-orang yang terkena HIV/AIDS,” ungkapnya, di lokasi pameran.

Baginya, khasiat minyak buah merah jadi keunikan tersendiri bagi masyarakat Mimika. Bahkan, di dunia buah merah hanya tumbuh dengan subur di tanah Mimika.

Di Kabupaten Mimika, menurutnya lahan pertanian milik warga setahun sekali menghasilkan ribuan ton buah merah. Pada satu batang pohon misalnya, petani dapat memanen 5-10 buah tiap tahun.

“Minyak buah merahnya saya jual di Semarang Rp 250 ribu. Harganya memang mahal ketimbang di Papua karena butuh proses yang panjang hingga berhari-hari,” kata Endro lagi.

Keberadaan buah merah tentunya menjadi ramuan ajaib untuk memperpanjang masa hidup para penderita virus mematikan tersebut. Apalagi HIV/AIDS belum ada obatnya. “Hanya ada di Papua. Kalau kita menenggak minyak buah merah, kotoran yang keluar dari tubuh kita akan jadi merah karena racun-racunnya terserap buah merah,” terangnya.

Ajang pameran kerajinan dan karya inovatif yang diresmikan oleh Disbudpar Jateng pada pukul 14.00 WIB ini dihelat hingga empat hari ke depan. Ratusan ruang pamer dari berbagai pelosok daerah turut berpartisipasi dalam acara ini. (far)