Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Buka Diklat Vokasi Pelayaran, Menhub Ingin Jumlah Pelaut Indonesia Bertambah

Buka Diklat Vokasi Pelayaran, Menhub Ingin Jumlah Pelaut Indonesia Bertambah

METROSEMARANG.COM – Program Pemberdayaan Masyarakat untuk Pelatihan Kompetensi Dasar Kelautan resmi dibuka hari ini, Kamis (12/1) di Balai Mas Pardi, Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, jalan Singosari nomor 2A. Program yang akan berlangsung sejak Januari hingga November 2017 ini dikemas dalam bentuk diklat vokasi di bidang pelayaraan dengan pemberian dasar kompetensi kelautan.

Menhub Budi Karya Sumadi sematkan topi pada peserta diklat. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Prosesi pembukaan pelaksanaan diklat tersebut dilaksanakan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi dengan memasangkan topi secara simbolik pada peserta diklat. Menhub berharap anak-anak peserta diklat dapat menjadi bibit baru pelaut profesional Indonesia.

Menurutnya saat ini jumlah pelaut profesional Indonesia masih jauh dari negara tetangga. “Kita cuma punya sekitar 400 ribu pelaut, sementara Filipina punya lebih dari 4 juta pelaut profesional,” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya diklat bagi warga kurang mampu tersebut, dapat mengurangi anak-anak yang tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi. Menurutnya jumlah pengangguran lebih banyak dari angkatan kerja sehingga perlu terobosan untuk bisa mengatasi hal tersebut.

“Kami targetkan 100 ribu dari anak kurang mampu ini untuk dapat bekerja di kapal setelah mendapatkan diklat,” tegasnya.

Terpisah, Direktur PIP Semarang, Capt. Wisnu Handoko menuturkan, nantinya alumnus diklat berkesempatan bekerja di kapal, baik sebagai kelasi maupun ABK. “Hari ini tiga kelompok dalam angkatan atau gelombang pertama hadir untuk mengikuti prosesi pembukaan diklat,” bebernya.

Diklat akan dibagi dalam beberapa gelombang, di mana setiap gelombang beranggotakan tiga kelompok sekaligus. Sementara tiap kelompok berisi 30 peserta, jadi satu gelombang diklat beranggotakan 90 peserta. Peserta akan mendapatkan tiga diklat yaitu basic safety training, security awareness training, dan advance fire fighting training dan buku pelaut. (vit)

 

Tinggalkan Balasan