Home > METRO BERITA > Bunyamin Imbau Sekolah Tak Paksakan Gelar UNBK

Bunyamin Imbau Sekolah Tak Paksakan Gelar UNBK

METROSEMARANG.COM – Dinas Pendidikan Kota Semarang mengimbau agar sekolah-sekolah yang belum siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tidak memaksakan diri. Disdik juga siap memfasilitasi sekolah yang menggelar ujian nasional secara konvensional.

Kepala Disdik Kota Semarang, Bunyamin. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP rencananya akan digelar Mei mendatang. Dinas Pendidikan Kota Semarang terus memantau persiapan sekolah-sekolah yang akan melaksanakan ujian menggunakan komputer maupun yang masih menggunakan kertas.

Kepala Disdik Kota Semarang, Bunyamin memaparkan animo sekolah untuk menggelar UNBK sangat tinggi. Pasalnya makin banyak sekolah yang tercatat telah siap dengan unit komputer untuk ujian.

Kendati demikian, ia menegaskan bagi sekolah yang memang belum memungkinkan menggelar UNBK untuk tidak memaksakan diri. “Kalau memang belum mampu yang pakai konvensional kertas tidak masalah, kami fasilitasi,” tegasnya, Sabtu (11/2).

Ia tidak membenarkan adanya usaha menyewa komputer dari pihak lain bagi sekolah yang memang belum memiliki fasilitas komputer. Menurutnya ujian dengan kertas juga akan didukung pemerintah.

“Targetnya kan memang 100 persen (komputer), tapi kertas pun tidak masalah, berjalan nanti kita akan makin tahu kurangnya apa dan mana saja,” imbuhnya.

Sejauh ini, menurutnya sudah ada kurang lebih 140 sekolah yang telah siap melaksanakan UNBK. Sementara hanya 50-60an sekolah saja yang belum siap. Namun demikian, data ini bisa saja berubah karena masih terus bergerak dan belum bisa dipastikan.

Ia menegaskan pelaksanaan ujian harus menyenangkan sehingga tidak boleh ada pemaksaan. Sementara untuk tingkat SD semua pelaksanaan ujian nasional dilaksanakan full kertas. (vit)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link