Home > METRO BERITA > Buruh Potong Ayam, Bangkai Dilempar ke Gubernuran

Buruh Potong Ayam, Bangkai Dilempar ke Gubernuran

Aksi happening art "potong ayam" dari KSPN di depan kantor Gubernur Jateng (11/11). Foto: Metro Semarang/MS-08
Aksi happening art “potong ayam” dari KSPN di depan kantor Gubernur Jateng (11/11). Foto: Metro Semarang/MS-08

SEMARANG – Demo Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Jateng, Selasa (11/11) tidak hanya berisi orasi. Buruh juga menggelar happening art dan ritual potong ayam.

Lima ayam berbulu putih itu dipotong di depan gerbang Kantor Gubernur, Jl. Pahlawan. Beberapa di antaranya dipotong sampai kepalanya putus. Setelahnya, ayam-ayam itu dilempar ke halaman gubernuran.

Tak cukup itu, darah ayam itu pun dilumurkan pada muka beberapa pendemo dan lambang Pemprov Jateng yang terdapat di pintu gerbang.

“Ini sebagai simbolisasi pemerintah yang menyembelih buruh pelan-pelan karena kebijakan upahnya tidak pro buruh,” kata Sekjen KSPN Jateng Nanang Setyono.

Aksi yang dimulai pukul 09.30 itu membawa tiga tuntutan aspirasi. Buruh meminta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo segera menggunakan hak dan wewenangnya merevisi usulan UMK dari kabupaten kota. Kemudian, Ganjar juga dituntut menghentikan pembahasan Rancangan Peraturan Gubernur tentang Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Buruh juga menolak kenaikan harga BBM karena berpotensi semakin menjauhkan buruh dari kata sejahtera. (MS-08)