Home > METRO BERITA > Bus Bantuan Pusat Belum Beroperasi, Dewan Salahkan Dishub

Bus Bantuan Pusat Belum Beroperasi, Dewan Salahkan Dishub

METROSEMARANG.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang turut menyoroti belum beroperasinya bantuan 25 bus dari Kementerian Perhubungan yang kini terkesan mangkrak dibiarkan saja terparkir di Terminal Mangkang.

Bus bantuan Kemenhub untuk BRT Trans Semarang. Foto: istimewa

Sebenarnya rencananya bus itu untuk mengganti seluruh armada BRT Trans Semarang di koridor I Mangkang-Penggaron yang dinilai sudah rusak. Lambannya pengoperasian tersebut dinilai dewan kesalahan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang.

‘’Dishub mengalami kesulitan karena sejak awal tidak menganggarkan dana untuk biaya balik nama yang dibutuhkan. Sehingga proses pengoperasiannya menjadi lama,’’ kata Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, Rabu (14/12).

Di APBD Perubahan 2016, dewan akhirnya baru bisa menganggarkan anggaran untuk biaya balik nama tersebut dan lainnya sebesar Rp 500 juta. Kini prosesnya sudah di Kepolisian untuk pengurusan surat-surat yang diperlukan.

‘’Mudah-mudahan bisa segera beroperasi, maksimal di Januari harus bisa beroperasi,” katanya.

Seperti diketahui, Kepala Dishubkominfo Kota Semarang, Agus Harmunanto mengakui, proses penggantian armada baru BRT Trans Semarang di koridor I masih di kepolisian. Disebabkan kesalahan faktur sehingga sampai sekarang belum bisa beroperasi. Diperkirakan akhir tahun ini bus sudah bisa diganti. (duh)