Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Buwas Percepat Pembangunan Lapas Narkoba

Buwas Percepat Pembangunan Lapas Narkoba

METROSEMARANG.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN), mengisyaratkan untuk mempercepat proyek pembangunan lembaga pemasyarakatan (lapas) khusus narkoba di Indonesia. Bahkan, Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso menyebut, saat ini draf desain pembangunan lapas narkoba telah diserahkan kepada Kemenkopolhukam.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso memberikan keterangan kepada wartawan terkait pengungkapan kasus 100 kilogram sabu di Jepara, Kamis (28/1/2016). Foto: dok metrojateng.com
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso memberikan keterangan kepada wartawan terkait pengungkapan kasus 100 kilogram sabu di Jepara, Kamis (28/1/2016). Foto: dok metrojateng.com

“Sudah saya sampaikan pola desainnya. Itu telah diserahkan ke Menkopolhukam. Sekarang masalahnya tinggal di Dirjen Lapas dan Menteri Hukum dan HAM (Kemenkumham),” katanya, usai menghadiri diskusi terbuka dengan ratusan relawan anti-narkoba, di Gedung Gradika, Jalan Pahlawan Semarang, Kamis sore (25/8).

Ia mengaku telah punya desain khusus untuk mendirikan lapas narkoba di tiap provinsi. Menurutnya desain lapas yang akan dibuat nanti berfungsi membatasi ruang gerak narapidana narkoba dengan penjaga penjara alias sipir.

Dengan pola-pola pembatasan ruang gerak itu, ia pun menjamin lapas tak akan kebobolan soal kasus penyelundupan narkoba.

“Nanti ada standarnya dan itu harus dilakukan. batasan-batasannya mulai antara sipir dengan terpidana Itu nanti betul-betul dijamin,” ungkap Buwas.

Kendati demikian, ia merahasiakan kapan waktu operasional lapas narkoba tersebut. Semuanya, kata Buwas, ada ditangan Kemenkumham. “Target operasionalnya tergantung program Kemenkumham,” tegasnya.

Disinggung soal dana proyek lapas narkoba, ia menaksir besarannya bervariasi tergantung kapasitas serta model yang disesuaikan di tiap lapas.

Yang jelas, ia menambahkan, lapas narkoba bakal memakan dana cukup besar lantaran pihaknya tengah menggencarkan gerakan pemberantasan narkoba di negeri ini.

“Untuk pendanaannya bervariasi sesuai besar kecilnya model lapas. Nilainya banyak dan akan dibangun di lokasi yang jadi prioritas bersama-sama,” tutupnya. (far)