Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Camry Hybrid, Mobil yang Bisa Melaju Tanpa Bensin

Camry Hybrid, Mobil yang Bisa Melaju Tanpa Bensin

METROSEMARANG.COM – Perkembangan teknologi ramah lingkungan sedang dikembangkan oleh Toyota, salah satunya dengan menciptakan mobil Hybrid. Pada 2015 lalu, teknologi hybrid Toyota sudah mulai disematkan dalam mobil Toyota Camry.

Camry Hybrid dipamerkan Nasmoco di Atrium Paragon Mall Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Camry Hybrid dipamerkan Nasmoco di Atrium Paragon Mall Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menurut Instruktur Nasmoco Training Center, Nur Fauzi konsep mobil hybrid merupakan mobil yang mempunyai dua sumber tenaga yang dapat digunakan untuk melaju. Dalam Camry Hybrid, dua tenaga itu adalah mesin (bensin) dan motor (listrik).

“Jadi kedua sumber tenaga itu akan bergantian disesuaikan dengan kondisi jalanan dan perilaku pengendara. Dengan demikian, penggunaan bahan bakar akan jauh lebih hemat,” ungkap Fauzi, Jumat (16/9).

Selain itu pengemudi Camry Hybrid juga bisa menggunakan Electric Vehicle Mode, yaitu penggunaan daya yang bersumber dari baterai hybrid saja. Fauzi mengatakan, daya baterai 201 volt tersebut bisa menempuh jarak sepanjang 2 kilometer dengan kecepatan maksimal 80 km/jam.

Walaupun dengan teknologi elektrik, pengemudi tidak perlu khawatir akan terjadi korsleting jika mengendarai Camry Hybrid di jalanan yang banjir. Mobil ini sudah menggunakan teknologi yang memungkinkan motor listrik untuk otomatis mati jika terdeteksi air.

“Motor listrik akan mati dan digantikan ke mesin bensin. Namun dalam pergantian tersebut, pengemudi di dalam kabin tidak akan merasakan perbedaannya,” tambahnya.

Untuk harga mobil segemen menengah ini, Nasmoco membanderol dengan harga Rp 820.700 juta dengan sembilan pilihan warna. Camry Hybrid juga dilengkapi dengan hiburan berupa 10 speaker dengan suara yang memanjakan. (ade)