Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Capek Usai Mudik, Saatnya Manjakan Tubuh dengan Pijat

Capek Usai Mudik, Saatnya Manjakan Tubuh dengan Pijat

image

PERJALANAN mudik maupun saat kembali ke kota asal merupakan saat yang amat melelahkan, belum lagi penat yang dirasakan bila terjebak dalam kemacetan jalan. Bagi Anda yang telah menempuh ratusan kilometer selama libur Lebaran ini, tak ada salahnya untuk mendatangi panti pijat langganan keluarga. Sebab manfaat pijat ternyata tidak hanya sebatas merilekskan otot yang pegal. Menurut prevention.com, pijat bahkan termasuk salah satu investasi kesehatan yang super jenius bagi Anda. Mengapa?

1. Pijat mengurangi risiko peradangan. Tekanan dan getaran yang ditimbulkan dari pijatan meningkatkan laju aliran darah. Darah yang mengaliri titik tubuh yang sakit dapat mengurangi resiko inflamasi atau peradangan dan mempercepat perbaikan jaringan tubuh yang terluka.
Pijat mungkin tidak akan langsung menyembuhkan otot yang kaku, namun pijat dapat mengurangi rasa sakitnya. Sehingga, Anda tetap dapat beraktivitas.

2. Pijat mengurangi kecemasan dan depresi. Tekanan yang dihasilkan dari pijatan menurunkan level hormon stres, yakni kortisol, dalam tubuh Anda, dan meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamine yang bermanfaat untuk memperbaiki sel syaraf otak.

3. Pijat meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Bagi Anda yang sudah mencandu pijat, Anda tak perlu diyakinkan lagi bahwa pijat dapat membuat Anda tidur lebih awal. Menurut Touch Research Institute, pijatan meningkatkan gelombang delta yang berhubungan dengan tidur pulas. Ditambah, tidur jadi lebih mudah jika Anda rileks dan bebas nyeri. (ren)