Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Cara Mengendalikan Amarah Agar Tetap Sehat Mental

Cara Mengendalikan Amarah Agar Tetap Sehat Mental

ilustrasi. Foto: www.montvillecounseling.com
ilustrasi. Foto: www.montvillecounseling.com

 

SEBAGAI manusia, wajar jika kita memiliki rasa marah. Hanya saja, ekspresi emosi ini perlu dikendalikan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan mental dan hubungan kita dengan sesama.

Agar dapat marah dengan terkendali, sebaiknya coba tips dari Boldsky berikut ini :

1. Tarik napas dalam-dalam. Ketika merasa rasa marahmu sudah naik ke kepala, coba langsung tarik napas secara dalam-dalam. Memiliki lebih banyak oksigen dalam sistem tubuh dapat membersihkan otak dari rasa ingin marah.

2. Katakan langsung. Lebih baik mengekspresikan ketidaksukaanmu pada seseorang atau sesuatu secara langsung. Katakanlah dengan gamblang bahwa kamu tidak suka dengan suatu hal. Yap, tentu saja kamu tak perlu mengekspresikannya dengan berteriak atau membuat keributan lainnya.

3. Bertemu teman-teman. Keluar dan bertemu dengan teman-teman baik bisa mengalihkan pikiran dari sumber rasa ingin marah. Cobalah habiskan waktu bersama teman-teman untuk hangout di suatu tempat. Dengan begitu, pikiranmu akan terasa lebih tenang dan nyaman.

4. Tertawa pada diri sendiri. Tawa dan kemarahan seringkali dianggap dua sisi mata uang yang sama. Jika kamu belajar untuk menertawakan diri sendiri, maka kamu bisa tertawa terbahak-bahak bahkan ketika kamu sedang mengamuk dan marah.

5. Meditasi. Lakukanlah meditasi setiap hari agar kamu bisa mendapatkan pegangan kuat pada emosimu. Meditasi membantu mengembangkan kemampuan mental dan membuat kita lebih tenang. (ren)