Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Cara Mudah Agar Mobil Irit BBM

Cara Mudah Agar Mobil Irit BBM

ilustrasi
ilustrasi

 

Harga BBM naik? Jangan khawatir, toh, hidup dan roda mobil harus tetap berputar, kan? Bahkan, inilah saatnya kita untuk lebih irit menggunakan BBM. Berikut tipsnya:

Cek Tekanan Angin Ban

Hal yang dapat Anda lakukan ialah mengecek kondisi kendaraan anda agar tidak membuang tenaga atau membuat putaran mesin menjadi berat. Mengecek kondisi tekanan angin pada ban dapat secara berkala dapat anda lakukan setiap 2 minggu sekali atau satu bulan sekali tergantung pemakaian kendaraan. Ban yang tekanan anginnya kurang dapat berpengaruh terhadap konsumsi BBM.

Bersihkan Filter Udara

Selain itu, saringan udara yang kotor juga dapat menyebabkan konsumsi BBM menjadi boros. Kalau filter udara kotor, maka campuran antara bahan bakar dan udara jadi tidak seimbang yang menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Kurangi Modifikasi Kelistrikan

Modifikasi-modifikasi yang menggunakan tenaga listrik seperti pemasangan sistem audio yang berlebihan juga dapat membuat konsumsi bahan bakar meningkat.

Kalau tetap mau modifikasi, salah satu caranya anda dapat menambahkan kapasitor bank yang dapat mengatur arus kelistrikan di mobil Anda.

Atur Muatan dan Rute

Selain itu, Anda dapat mengatur muatan kendaraan serta membuat rute yang akan ditempuh, karena kendaraan yang membawa muatan lebih banyak akan meminum bahan bakar yang banyak pula.

Dengan adanya teknologi GPS, Anda dapat menentukan rute terpendek atu tercepat ke tujuan. Selain itu pula anda harus mempertimbangkan kemacetan dan jalanan jelek yang akan dihadapi pada rute tersebut karena berpengaruh terhadap konsumsi BBM.

Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mesin

Mesin modern saat ini hanya membutuhkan 20 detik untuk dipanaskan, usahakan agar kendaraan Anda tidak terlalu lama untuk dipanaskan. Pada saat mematikan kendaraan Anda juga tidak perlu menginjak pedal gas terlebih dulu karena mesin modern memiliki sistem manajemen kelistrikan yang baik.

Drive Smoothly

Yak, itulah yang patut Anda lakukan. Berkendara dengan gaya yang agresif akan membuat kendaraan menjadi boros, berkendaralah dengan aman dan nyaman, tidak memaksakan mesin untuk bekerja ekstra. Usahakan perpindahan persneling di putaran mesin 2000 rpm hingga 3000 rpm.

Selain itu bagi anda yang memiliki fitur cruise control gunakanlah fitur ini karena kecepatan yang stabil akan memperkecil konsumsi BBM kendaraan.

Perhatikan Kembali Buku Manual

Dan yang terakhir, perhatikan buku manual penggunaan kendaraan, sesuaikan oktan kendaraan Anda dengan oktan yang disarankan oleh produsen kendaraan Anda.

Sumber: otomotif