Home > METRO BERITA > Cegah Ambruk, JPO di Semarang akan Didata Ulang

Cegah Ambruk, JPO di Semarang akan Didata Ulang

METROSEMARANG.COM – Robohnya Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jakarta menjadi perhatian Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Dia tidak ingin robohnya JPO karena cuaca buruk juga terjadi di wilayahnya.

Ilustrasi jembatan penyeberangan orang (JPO). Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi jembatan penyeberangan orang (JPO). Foto: metrosemarang.com/dok

Oleh karena itu, dia sedang menginventarisir beberapa JPO yang saat ini masih terbuat dari rangka besi untuk diubah menjadi bangunan beton. Dengan memperkuat struktur bangunan JPO tersebut, diaharapkan tragedi tersebut tidak akan terjadi.

“Beberapa JPO sudah dibangun dengan struktur beton, seperti JPO di Jalan Pemuda. Beberapa JPO lain pastinya kami evaluasi agar kekuatannya bisa digunakan untuk kemanan penyeberang,” ungkap Hendrar, Senin (26/9).

Dia mengatakan, pihaknya juga melakukan perawatan terhadap JPO dengan menggunakan APBD. Pemkot juga mengimbau masyarakat juga aktif menginformasikan kepada pemerintah jika ada keluhan mengenai JPO yang ada di sekitarnya.

“Kalau ada JPO yang kurang layak atau terlalu curam agar dilaporkan ke Pemkot agar bisa kami benahi. Tetapi setelah JPO sudah jadi, masyarakat harus menggunakannya, tidak menyeberang di bawah,” imbuhnya. (ade)