Home > Berita Pilihan > Cegah Bom saat Natal, Bandara Ahmad Yani Dijaga Ketat Tentara

Cegah Bom saat Natal, Bandara Ahmad Yani Dijaga Ketat Tentara

METROSEMARANG.COM – Untuk meningkatkan pengamanan selama perayaan Natal 2016, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akan memperketat penjagaan di semua pintu masuk.

Personel TNI disiagakan di area Bandara Ahmad Yani selama libur Natal. Foto: metrosemarang.com/dok

Pihak bandara menyatakan telah berkoordinasi dengan tentara dan polisi untuk mempertebal penjagaan di semua lini. General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Priyo Jatmiko mengatakan satu kompi tentara dan satu pleton polisi dikerahkan mulai H-2 Natal hingga pergantian tahun baru 2016.

“Cegah dini dan deteksi dini akan dilakukan di bandara selama perayaan Natal. Ini kita lakukan demi menekan ancaman teror bom dari oknum yang tak bertanggungjawab, tegasnya, Rabu (21/12).

Deteksi dini, katanya dilakukan dengan mengawasi gerak-gerik calon penumpang yang mencurigakan.

“Apabila ada oknum hendak berbuat onar pasti pergerakannya berbeda. Makanya, tim siaga Natal kita tempatkan di semua titik posko informasi,” katanya.

Ia pun telah memerintahkan kepada security bandara agar tidak lengah saat memperketat penjagaan selama Natal san pergantian tahun 2016. Misalnya ada penumpang yang menenggak minuman beralkohol saat akan naik pesawat, ia meminta agar segera dicegah.

“Kita lakukan tindakan prefentif. Kita lakukan shock therapy dengan mensweeping di area check in bandara,” ungkap Priyo.

Pengetatan pengamanan ini telah sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh Gubenur Ganjar Pranowo saat menggelar rapat kesiapsiagaan bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono kemarin malam. (far)