Home > METRO BERITA > Cegah Kekeringan, PDAM Bangun Reservoir di Tiga Kelurahan Ini

Cegah Kekeringan, PDAM Bangun Reservoir di Tiga Kelurahan Ini

METROSEMARANG.COM – PDAM Tirta Moedal dalam waktu dekat bakal membangun wadah penampungan air bersih (reservoir) di sejumlah wilayah endemis kekeringan yang ada di Kota Semarang. Pipa-pipa air bersih tersebut nantinya akan mengakhiri air hingga ke Dadapan Sendang Mulyo, Tampirejo dan Kebon Taman Rowosari.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) mobile milik PDAM Kota Semarang ini bisa digunakan membantu korban bencana yang membutuhkan air bersih. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

“Pipa air dan fasilitas reservoirnya sudah siap beroperasi. Nantinya akan disalurkan ke rumah-rumah tepat sasaran selama kemarau,” ungkap Humas PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Joko Purwanto, Rabu (15/2).

Reservoir di tiga wilayah itu berkapasitas 50 meter kubik. Ia mengharapkan reservoir bisa membantu kebutuhan air bersih untuk 200-300 rumah. Air yang dialirkan ke reservoir berasal dari IPA Kudu melalui IPA Pucanggading.

Pembangunan reservoir tesebut juga akan dimanfaatkan untuk memperluas jaringan air minum di lokasi tersebut. Sehingga, warga setempat tak lagi kekurangan air bila kemarau tiba.

Dengan begitu, maka bila sesuai rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Pemkot Semarang pada 2019 dapat terwujud. Ini artinya, masyarakat Semarang dapat menikmati akses air minum 100 persen.

“Kami memberikan diskon pemasangan sambung Baru sebesar Rp 900.000,- ( plus PPN 10 persen) untuk golongan sosial dan rumah tangga dengan ketentuan di wilayah tersebut masih ada aliran baik dan tekanan air masih dapat untuk di tambah pelanggan,” tuturnya.

Diharapkan warga dari ketiga wilayah tersebut yang berminat bisa langsung ke kantor cabang pelayanan PDAM terdekat, dan untuk saat ini dari tanggal 1 Februari hingga 31 Mei 2017. (far)