Home > METRO BERITA > Cegah Pungli, Cetak e-KTP Hanya di Kantor Dispendukcapil

Cegah Pungli, Cetak e-KTP Hanya di Kantor Dispendukcapil

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang berencana membuat tempat mencetak data e-KTP menjadi berada di satu tempat, yakni di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Hal ini sebagai bagian memperbaiki sistem antrean dan cetak data sehingga akan mencegah adanya pungli (pungutan liar).

Proses pembuatan e-KTP di Semarang, beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok

Selama ini, cetak data blanko e-KTP masih dilakukan di lima tempat. Selain di Kantor Dispendukcapil, yakni di Kantor Kecamatan Pedurungan, Kecamatan Ngaliyan, Kecamatan Semarang Barat, dan Kecamatan Tembalang.

”Untuk blanko e-KTP dari pusat. Tetapi untuk cetak datanya dilakukan di masing-masing kota/kabupaten. Sementara ini, setelah blanko datang, kami hanya akan cetak di satu tempat, yakni di kantor dinas,” ujar Kepala Dispendukcapil Kota Semarang, Mardiyanto, Minggu (26/3).

Ditambahkan, nantinya cetak data e-KTP berdasarkan antrean. Yang sudah lama antre akan didahulukan, kemudian dicetak sesuai dengan antrean yang ada. Baru selanjutnya memenuhi permintaan warga yang ingin ganti KTP, karena rusak, hilang, ganti status dan alamat.

Teknisnya, kata dia, masing-masing kecamatan didrop sebanyak 500 KTP yang sudah jadi sesuai dengan atrean. Dengan total 16 kecamatan, akan dicetak 8.000 KTP yang sudah jadi dalam satu tahapan. Begitu seterusnya, hingga kebutuhan masyarakat terpenuhi semua. ”Dengan cetak di satu tempat, kami ingin meminimalisir terjadinya pungli dan juga calo,” ujar Mardiyanto.

Adapun antrean saat ini sudah sampai 110 ribu pemohon yang sudah rekam data. Saat ini, blanko e-KTP yang ada di Kota Semarang habis, sehingga pemohon dibuatkan surat keterangan

“Nantinya, di masing-masing keluarahan juga akan dibuat daftar pemohon E-KTP yang sudah jadi. Dengan begitu, warga dapat mengetahuinya, tidak perlu jauh-jauh menanyakan ke kantor dinas,” tegasnya. (duh)