Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Cegah Pungli, Ganjar Usul Calo Samsat Dilegalkan

Cegah Pungli, Ganjar Usul Calo Samsat Dilegalkan

Ganjar Pranowo saat melakukan sidak di Samsat Kendal, beberapa waktu lalu. Foto Metro/MS-05
Ganjar Pranowo saat melakukan sidak di Samsat Kendal, beberapa waktu lalu. Foto Metro/MS-05

TEMANGGUNG – Gubernur Ganjar Pranowo punya gagasan menarik untuk memutus rantai pungli yang kerap dikeluhkan masyarakat saat mengurus dokumen di kantor sistem administrasi manunggal satu atap (samsat). Orang nomor satu di Pemprov Jateng ini mengusulkan agar calo di Samsat dilegalkan.

Ide tersebut diungkapkan Ganjar saat melakukan inspeksi mendadak di Samsat Temanggung, Selasa (5/8). “Kalau bisa dilegalkan saja. Mereka (calo) dihimpun dalam satu lembaga biro jasa untuk membantu pengurusan dokumen kendaraan masyarakat. Jadi tidak meresahkan,” katanya.

Namun, lanjut Ganjar, sebelum melegalkan jasa calo, terlebih dahulu harus dibuat payung hukum untuk mengatur regulasinya. Dalam waktu dekat, Pemprov bakal membuat perjanjian kerjasama dengan Polda Jateng untuk membahas wacana tersebut. “Semuanya harus transparan. Kita bersama-sama akan memberantas pungli di Samsat,” tandasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini tiba di kantor Samsat Temanggung sekitar pukul 09.30. Dalam sidak tersebut, Ganjar tidak menemukan keluhan tentang pungutan liar. Bahkan rata-rata warga yang ditanya mengaku pembayaran pajak kendaraan dan pengurusan perpanjangan STNK sangat mudah. (MS-08)