Home > METRO BERITA > Cegah Stres, Hewan Kurban Dicekoki Vitamin C

Cegah Stres, Hewan Kurban Dicekoki Vitamin C

METROSEMARANG.COM – Beberapa kambing kurban yang dijual di Kalipancur Ngaliyan terpaksa dicekoki vitamin C untuk menambah nafsu makannya sebelum disembelih saat Idul Adha 1437 Hijriyah tiba.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Sekarang kita lagi memberi asupan vitamin C karena ada kambing yang lesu dan nafsu makannya berkurang,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Jawa Tengah Agus Waryanto,┬ákepada metrosemarang.com, Selasa (6/9).

Ia mengatakan, pemberian vitamin C juga bermanfaat mengantisipasi stres usai menempuh perjalanan panjang diatas truk maupun mobil pikap. Hal ini juga mendongkrak stamina ditengah cuaca panas yang terik.

Soal lonjakan harga hewan kurban, ia mengungkapkan rata-rata saat ini mencapai dua kali lipat dibanding kondisi normal. Pembeli, kini harus teliti dalam memilih hewan kurban salah satunya melihat apakah kambing atau sapi yang akan disembelih sehat atau tidak.

Pengecekan hewan kurban hari ini berlanjut ke Blora, Kudus, Temanggung, Magelang hingga Boyolali dan Solo. Ia juga memperketat pemantauan di sentra penghasil sapi wilayah Boyolali dan Klaten.

Sementara WP Rusdiana Kepala Dispertan Kota Semarang memastikan bahwa sapi-sapi pemakan sampah di Jatibarang tak akan dijual sebagai hewan kurban di Semarang.

Apabila ada yang terpaksa dijual, menurutnya sapi Jatibarang harus dipastikan melewati proses penggemukan di kandang dua minggu sebelum disembelih.

“Harus dinetralisir dan dikandangkan lalu diberi makan sesuai aturan sebelum dijual,” tegasnya, seraya menambhkan jika sejauh ini ia melihat sapi Jatibarang kebanyakan justru dijual ke Jakarta dan Tangerang untuk hewan kurban. (far)