Home > Berita Pilihan > Cegah Vaksin Palsu di Jateng, Dinkes Tunjuk Enam Distributor Resmi

Cegah Vaksin Palsu di Jateng, Dinkes Tunjuk Enam Distributor Resmi

METROSEMARANG.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah menunjuk enam distributor resmi penyaluran obat-obatan vaksin di 35 kabupaten/kota. Penunjukan ini dilakukan langsung oleh tim medis gabungan guna menangkal merebaknya vaksin palsu yang meresahkan masyarakat.

Petugas memperlihatkan sampel vaksin yang disimpan Dinkes Jateng. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Petugas memperlihatkan sampel vaksin yang disimpan Dinkes Jateng. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Kalau vaksinnya didapat dari distributor resmi kita jamin tidak ada barang-barang palsu,” tegas Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, usai bertatap muka dengan enam lembaga kesehatan di kantornya, Rabu (29/6).

Ia menyebut kini sudah ada enam perusahaan distributor yang ditunjuk mengirimkan vaksin asli dari Kemenkes ke sejumlah puskesmas, rumah bersalin hingga rumah sakit swasta dan negeri.

Sebelumnya Mabes Polri memang berhasil mengungkap aksi peredaran vaksin palsu yang dilakukan pasutri asal Semarang. Keduanya kini ditahan di Jakarta dan sedang diselidiki alur pendistribusian barangnya.

Namun, menurutnya pencegahan vaksin palsu sangat efektif dengan menyalurkan vaksin dari Kemenkes itu lalu dikirim langsung ke kantornya. Kemudian, dari kantornya baru didistribusikan ke 35 kabupaten/kota.

Lalu, katanya dari kabupaten/kota disebar ke tiap puskesmas dan jaringannya, serta rumah sakit pemerintah dan swasta. Pembagian vaksin keluaran Kemenkes itu, ia memastikan dilakukan gratis di tiap daerah.

“Dengan jalur resmi sedemikian rupa pasti disertai dokumen dan aksi-aksi pemalsuan dapat ditekan,” katanya. (far)