Home > METRO BERITA > Cegah Zika, Ratusan Penumpang Pesawat Jalani Pemeriksaan di Bandara Ahmad Yani

Cegah Zika, Ratusan Penumpang Pesawat Jalani Pemeriksaan di Bandara Ahmad Yani

METROSEMARANG.COM – Ratusan penumpang pesawat terbang rute Singapura-Semarang PP menjalani uji kesehatan untuk mengantisipasi wabah virus Zika. Humas PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Semarang, Dian PS mengatakan jangan sampai Semarang menjadi pintu masuk bagi penyebaran virus berbahaya itu.

Calon penumpang di Bandara Ahmad Yani Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Calon penumpang di Bandara Ahmad Yani Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ia menjelaskan pemeriksaan dini terhadap penumpang pesawat dilakukan sejak kemarin dan pada Rabu sore (31/8), mulai diintensifkan sampai Singapura bersih dari Zika.¬†“Hari ini dimulai tindakan antisipasi penyebaran Virus Zika,” kata Dian.

Diakuinya, dalam memperketat pemeriksaan pada penumpang, ia dibantu oleh tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Bandara, katanya, kini disterilisasi dari Zika.

Saat ini, para penumpang pesawat dari Singapura yang naik Silk Air dan Air Asia tiap Senin, Rabu, dan Jumat akan dites kesehatannya. Bandara Ahmad Yani menyebutkan terdapat 320 penumpang dari Singapura yang diperiksa kesehatan mereka.

Kepala KKP Priagung AB meminta penumpang pesawat untuk mewaspadai virus Zika. Meski sementara ini belum ditemukan penumpang yang kena Zika. Namun bila saat diperiksa ditemukan penumpang yang demam sampai 38 derajat bakal dikarantina.

“Akan kita rujuk ke RSUP Dr Kariadi untuk penanganan lebih lanjut,” tutupnya. (far)