Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Cerita Amirul Ulum Bertemu RA Kartini Sebelum Menulis Kisah Sholeh Darat

Cerita Amirul Ulum Bertemu RA Kartini Sebelum Menulis Kisah Sholeh Darat

METROSEMARANG.COM – Siapa tidak mengenal Mbah Sholeh Darat. Ulama besar asal Semarang yang memiliki nama lengkap Muhammad Sholeh Darat Al-Samarani ini diduga mempunyai hubungan genealogi keilmuan dengan RA. Kartini. Tetapi riwayat tersebut masih diperdebatkan. Pasalnya dalam surat-surat Kartini tidak tertulis gamblang tentang sosok Sholeh Darat.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Amirul Ulum Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Berawal dari perdebatan tersebut, Amirul Ulum berusaha menguak kehidupan Sholeh Darat hingga pertemuannya dengan Kartini. Amirul sendiri mengaku belajar menulis secara otodidak. Bahkan pria kelahiran Pati, 26 Maret 1986 ini memutuskan untuk kuliah.

“Kenapa Kartini, Ibunda kita justru dibarat-baratkan, padahal tulisan beliau mengandung nilai-nilai religius,” beber Amirul Ulum, Rabu (19/10), saat bedah buku KH. Muhammad Sholeh Darat Al-Samarani, Maha Guru Ulama Nusantara, di ruang C1 Microteaching Unwahas.

Sebelum menulis buku tentang Mbah Sholeh, Amirul mengaku bertemu dua kali dengan Kartini. Pertemuan tersebut meyakinkannya untuk mantap menulis kisah Mbah Sholeh Darat.

“Saya istikharah dan alhamdulillah bertemu (Kartini). Beliau tersenyum seolah memberikan izin saya untuk menuliskan buku ini,” papar Amirul.

Akhirnya Amirul menyimpulkan setelah berulang kali mengkaji surat-surat Kartini, ia menemukan bahwa pada surat setelah tanggal 17 Agustus 1902 Kartini menyebutkan ada seorang kakek membawa buku bertuliskan pegon. “Dan yang paling mungkin sosok kakek itu adalah Mbah Sholeh Darat, karena siapa lagi yang menulis kitab dengan huruf pegon,” cetus Amirul.

Hingga saat ini, Amirul yang berdomisili di Yogyakarta telah menulis 11 buah buku hasil pemikirannya. Buku tentang Mbah Sholeh Darat tersebut merupakan bentuk upaya menjawab keraguan masyarakat akan hubungan keilmuan antara Kartini dan Mbah Sholeh Darat. (vit)