Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Check in Pakai Batik, Star Hotel Berikan Harga Khusus

Check in Pakai Batik, Star Hotel Berikan Harga Khusus

METROSEMARANG.COM – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional ini, Star Hotel Semarang mempunyai cara unik untuk memperingatinya. Star Hotel Semarang memberi harga special hanya Rp 421.000 termasuk makan pagi untuk dua orang bagi semua orang yang check in pada tanggal 2 Oktober 2016 dengan menggunakan baju batik.

“Setelah itu, tim Star Hotel Semarang mengadakan joget Semarangan di Car Free Day pada hari Minggu (2/10) pagi dengan menggunakan baju Batik. Hal ini mempunyai tujuan agar semua orang lebih mencintai Batik,” kata Public Relation Star Hotel Semarang, Ratih Sotyaningtyas, Jumat (30/9).

Star Hotel Semarang berikan harga khusus bagi tamu yang check in dengan mengenakan batik. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Star Hotel Semarang berikan harga khusus bagi tamu yang check in dengan mengenakan batik. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Pada saat yang sama, Star Hotel juga ingin menunjukkan pada khalayak umum bahwa Semarang juga mempunyai joget yang unik, yaitu joget Semarangan. Mengingat banyak yang belum tahu tentang joget Semarangan tersebut

“Pada intinya, Star Hotel Semarang mengangkat tema Batik dan Joget Semarang agar masyarakat Semarang pada khususnya, lebih mengerti dan mencintai budaya sendiri. Kalau bukan kita yang menghargai budaya sendiri, siapa lagi yan akan menhargai budaya kita?” imbuhnya.

Dia menjelaskan, batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia. Dalam proses pembuatannya, seni batik terutama batik tulis melambangkan kesabaran pembuatnya. Setiap hiasan dibuat dengan teliti dan melalui proses yang panjang.

Kesempurnaan motif tersebut menyiratkan ketenangan pembuatnya. Corak batik tertentu dipercaya memiliki kekuatan gaib dan hanya boleh dikenakan oleh kalangan tertentu.

Misalnya, motif parang yang melambangkan kekuatan dan kekuasaan, hanya boleh dikenakan oleh penguasa dan ksatria. Batik jenis ini harus dibuat dengan ketenangan dan kesabaran yang tinggi. Kesalahan dalam proses pembatikan dipercaya akan menghilangkan kekuatan gaib batik tersebut.

Selain proses pembuatan batik yang sarat dengan makna filosofis, corak batik merupakan simbol-simbol penuh makna yang memperlihatkan cara berfikir masyarakat pembuatnya. (ade)