Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Cosplay, Hobi Mahal yang Menggiurkan

Cosplay, Hobi Mahal yang Menggiurkan

METROSEMARANG.COM – Sebuah hobi apabila ditekuni dengan serius tidak akan hanya menjadi sekadar kesukaan saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai pendulang rupiah. Salah satunya adalah cosplay. Meski dianggap mahal, hobi mengenakan pakaian dan riasan ala tokoh anime ini tetap saja banyak peminatnya.

Kostum cosplay serta aksesoris yang biasa disebut Armor dibanderol cukup mahal. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tetapi bagi para cosplayer tentunya harga tak terlalu jadi soal. Apalagi bagi mereka yang bisa membuat kostum sendiri.

Pengunjung Jijensha Smansa Semarang berfoto bersama cospayer, Minggu (7/8). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Pengunjung Jijensha Smansa Semarang berfoto bersama cospayer, Minggu (7/8). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Kemampuan membuat kostum sendiri ini menjadi nilai lebih bagi para cosplayer. Menghemat biaya adalah salah satu poin plusnya. Belum lagi jika kostum tersebut diminati orang lain, maka nilai finansial juga akan diperoleh.

Hal ini pula yang dilakoni oleh Astri Kurnia. Cosplayer asal Ungaran, Kabupaten Semarang ini mampu membuat kostum sendiri sekaligus menjadikannya sebagai ladang bisnis. Ia mengaku belum cukup lama terjun ke dunia cosplay, tetapi dirinya sudah beberapa kali menorehkan prestasi.

“Sepanjang tahun ini saya sudah buat delapan kostum. Saya jual sekitar Rp 1 juta, tergantung modelnya. Kalau ada LED-nya lebih mahal,” tutur Astri kepada metrosemarang.com saat mengikuti kompetisi cosplay Jijensha di SMA Negeri 1 Semarang, Minggu (7/8).

Tak hanya Astri saja yang berperan ganda, yaitu sebagai cosplayer sekaligus pembuat kostum. Ada pula Naya, gadis asal Kendal yang juga mengaku sudah banyak menjual kostum. Meski awalnya hanya membuat kostum untuk dirinya sendiri dan temannya akhirnya, banyak cosplayer lain yang memesan kepadanya.

“Awalnya bikin untuk sendiri sama temen, eh dia puas terus mulai pada pesen,” terang remaja berusia 16 tahun ini.

Naya sendiri membanderol kostum buatannya mulai Rp 150 ribu hingga Rp 850 ribu. Baik Astri dan Naya sama-sama mengakui jika hobi yang dianggap mahal ternyata bisa juga memberikan keuntungan finansial bagi mereka. (vit)