Home > METRO BERITA > Cuaca Buruk Masih Menghantui Pantura Barat

Cuaca Buruk Masih Menghantui Pantura Barat

METROSEMARANG.COM – Sejumlah daerah di jalur pantai utara Pulau Jawa (Pantura) bagian barat Jawa Tengah bakal dilanda cuaca buruk pada Selasa (11/10) malam. Musababnya, Stasiun Meteorologi Ahmad Yani BMKG Klas I Semarang menyatakan di Jateng diperkirakan nanti diguyur hujan ringan bervariasi mulai siang hingga malam hari.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

“Sedangkan Pantura barat akan dilanda hujan lebat siang sampai sore hari nanti,” ungkap Agus Triyono, analis cuaca Stasiun Meteorologi Ahmad Yani BMKG Klas I Semarang.

Untuk wilayah Semarang, kata dia, justru pada pagi hingga siang masih cerah berawan. Ia pun mengingatkan bahwa untuk awal malam hari baru mulai diguyur hujan ringan dan sedang.

“Karena ada hembusan angin dari barat daya menuju utara yang kecepatannya mencapai 5-25 kilometer per jam,” kata Agus.

Sementara suhu udaranya juga tampak tidak stabil yakni di kisaran 25-32 derajat celcius dengan kelembaban udaranya sekitar angka 65-92 derajat.

Perubahan cuaca ini berbeda dari keadaan secara umum dimana per pukul 05.30 WIB cerah berawan. Untuk arah angin tenggara berkecepatan 12 kilometer perjam dan suhu udara 25,7 derajat. Kelembaban udaranya 90 derajat.

“Adapun tinggi ombak Laut Jawa hanya 1 meter. Kalau ombak laut selatan 1,5-4,5 meter,” tuturnya. (far)