Home > METRO BERITA > Cuaca Ekstrem Terjang Semarang, Pilot Pesawat Waspadai Awan CB

Cuaca Ekstrem Terjang Semarang, Pilot Pesawat Waspadai Awan CB

METROSEMARANG.COM – Awan mendung kembali menggelayut di langit Semarang pada siang ini, pukul 14.00 WIB. Karena itulah, Agus Sudaryatno, Kepala Seksi Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang mengimbau kepada para pilot pesawat terbang agar ekstra waspada saat melintasi langit Semarang pada hari ini.

Bandara Ahmad Yani Foto: metrosemarang.com/dok
Bandara Ahmad Yani
Foto: metrosemarang.com/dok

Sebab, menurutnya cuaca ekstrem yang melanda Ibukota Jateng dapat memunculkan gumpalan awan es atau cumulonimbus (CB) yang bisa mengganggu mesin pesawat.

“Turbulensi pasti ada ketika hal itu terjadi. Makanya, maskapai penerbangan harus berhati-hati dengan perubahan cuaca yang sangat ekstrem di Semarang,” kata Agus kepada metrosemarang.com, Minggu (2/10).

Agus memperkirakan cuaca ekstrem akibat badai La Lina bakal berlangsung sampai pertengahan Oktober 2016 nanti. Tapi puncak musim penghujan akibat pengaruh La Lina masih berlangsung sampai awal Januari-Februari 2017 mendatang.

Pada bagian lain, Prakirawan cuaca dari Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang menyatakan masih ada potensi hujan ringan dan lebat yang disertai petir kembali melanda Semarang.

“Hujan sedang dan lebat disertai petir akan terjadi di wilayah Pantura Jateng meliputi Jepara, Kudus, Pati, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal serta wilayah Pegunungan Tengah termasuk Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga pada pukul 14.10 WIB,” kata prakirawan itu dalam keterangan yang diterima¬†metrosemarang.com.

Ia juga bilang kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.30 WIB, bahkan berpotensi meluas sampai Banyumas, Kebumen, Purworejo, Sragen, Boyolali, Klaten, Kabupaten Semarang dan sekitarnya. (far)