Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Curah Hujan Tinggi, Regu SAR Kerahkan Kendaraan Anti-longsor

Curah Hujan Tinggi, Regu SAR Kerahkan Kendaraan Anti-longsor

METROSEMARANG.COM – Curah hujan yang meninggi membuat regu penyelamat SAR Kantor Semarang mengerahkan sebuah mobil untuk mengatasi bencana tanah longsor.

Kendaraan amfibi penyelamat disiagakan untuk mengantisipasi ancaman longsor. Foto: metrosemarang.com/dok
Kendaraan amfibi penyelamat disiagakan untuk mengantisipasi ancaman longsor. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Kantor Basarnas Agus Hariyono mengatakan, sebuah mobil penanganan bencana tanah longsor itu mulai dioperasikan tahun ini.

“Ya Mas, tahun ini kami mengoperasikan satu mobil untuk menanggulangi tanah longsor dan satu helikopter untuk memantau bencana,” ujar Agus kepada metrosemarang.com, Minggu (25/9).

Ia mengatakan mengingat wilayah Jateng rawan bencana, khususnya longsor yang sering terjadi dan menelan cukup banyak korban jiwa, maka Basarnas Jateng menghadapi musim hujan ini telah mempersiapkan seluruh kekuatan dan sumber daya maksimal.

Ia menjelaskan, baik personel maupun sarana prasarana, terus mengasah kemampuan fisik maupun keterampilan dalam pencarian dan pertolongan korban longsor.

Ia memastikan seluruh sarana prasarana saat ini sudah siap pakai. “Seperti tahun-tahun kemarin, setiap memasuki musim hujan, kami siaga 1, tidak cuti kecuali alasan penting dan mendesak. Di samping itu, kami juga terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan seluruh personel SAR di Jateng,” ujarnya.

“Karena tanpa bantuan dan dukungan dari mereka tentunya kami tidak bisa melayani masyarakat secara maksimal,” tutupnya. (far)