Home > METRO BERITA > Curi Truk di Genuk, 2 Warga Jepara Dibekuk

Curi Truk di Genuk, 2 Warga Jepara Dibekuk

Dua pencuri truk diamankan di Mapolrestabes Semarang. Foto Metrosemarang
Dua pencuri truk diamankan di Mapolrestabes Semarang. Foto Metrosemarang

SEMARANG –  Belum sempat menjual truk curian, dua tersangka justru diringkus petugas kepolisian. Mereka adalah Mustam alias Muslih (49) warga Welahan, Jepara, dan  Muhamad Zaenal alias Abi (25) warga Mayong, Jepara. Mereka diduga merupakan komplotan pencuri spesialis kendaraan bak terbuka dan truk.

Terakhir, keduanya berhasil menggondol truk Mitsubishi Colt, AD 1822 BD yang terparkir di depan gudang PT Cahaya Murni Central Java, Kawasan Industri Terboyo, Genuk, Kamis (14/8/2014) sekira pukul 05.00.

“Truknya kami bawa ke Jepara. Tapi belum sempat dijual. Rencananya memang sudah ada yang pesan,” terang Mustam saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Selasa (19/8).

Keberadaan kendaraan bergambar “hello kitty” dengan bak kayu warna pink tersebut akhirnya terendus polisi. “Truk itu saya bawa ke Mlonggo, Jepara. Muatannya mebel sudah saya pindahkan,” aku pria yang bekerja sebagai buruh pembuat batu bata serta bisnis jual beli kambing itu.

Aksi pencurian itu sudah direncanakan. Bersama Zaenal, Mustam menuju Semarang mengendarai sepeda motor. Sesampainya di lokasi, keduanya dengan mudah menggondol truk menggunakan kunci leter T. “Zaenal yang ambil. Kebetulan pintu truknya tidak terkunci. Waktu itu di depan gudang ada satpam dan sopir truk sedang nonton televisi,” jelasnya.

Sementara itu Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Djihartono mengatakan, pihaknya masih melakukan pengembangan kasus tersebut. Pasalnya, berdasarkan pemeriksaan, dua tersangka diketahui sudah pernah mencuri satu unit mobil pickup di daerah Genuk.

“Mereka ini spesialis mobil bak terbuka. Kami berhasil mengamankan truk sebagai barang bukti. Sebelumnya, mereka juga mencuri pick up tapi sudah dijual. Kami terus kembangkan kasus ini,” ungkapnya. (les)