Debat Kandidat Cagub Jateng Digelar Sebelum Ramadan

METROSEMARANG.COM – Komisi Pemilihan Umum akan menggelar tiga kali rangkaian debat kandidat gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah pada Mei nanti. Debat kandidat sesi pertama dan kedua, menurut Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, akan digelar sebelum bulan Ramadan nanti.

Debat kandidat Cagub Jateng akan digelar sebelum Ramadan. Foto: metrosemarang.com/dok

“Sedangkan debat kandidat yang terakhir akan diselenggarakan setelah Ramadan,” kata Joko kepada┬ámetrosemarang.com, di kantornya, Jalan Veteran Semarang, Senin (12/3).

Joko menambahkan pihaknya telah menyusun undangan untuk kedua pasangan calon (paslon) gubernur agar menghadiri acara debat kandidat nanti.

Seperti diketahui, Pilgub Jateng diikuti dua paslon yaitu pasangan nomor 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung koalisi PDIP, PPP, Demokrat dan Nasdem. Sedangkan pasangan nomor dua adalah Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung koalisi Gerindra, PKS, PKB dan PAN.

Sesuai kesepakatan kedua paslon tersebut, lanjut Joko, debat kandidat gubernur Jawa Tengah akan disiarkan langsung oleh media nasional.

Untuk mematangkan acara debat, Joko mengaku akan membentuk dibentuk tim panel untuk mengkaji visi dan misi dari setiap program kedua paslon.

Joko bilang terdapat setidaknya 10 isu yang akan dihadirkan saat debat kandidat gubernur Jawa Tengah.

“Kita akan mengadakan FGD untuk menggali semua masukan dan gagasan di bidang kependudukan, komisi perlindungan anak, perempuan dan sebagainya untuk dikaji dan dijadikan isu saat debat berlangsung. Namun, untuk saat ini materinya belum final,” ungkapnya.

Joko melanjutkan debat kandidat kemungkinan akan digelar di Hotel Patrajasa Semarang. “Jumlah pendukung paslon tentunya harus dibatasi untuk menyesuaikan kapasitas tamu undangan yang hadir di debat kandidat,” tandasnya. (far)