Home > METRO BERITA > Demo 4 November, Dua Kompi Brimob Jateng Ikut Jaga Ketat Jakarta

Demo 4 November, Dua Kompi Brimob Jateng Ikut Jaga Ketat Jakarta

METROSEMARANG.COM – Dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Jateng telah disiagakan di Jakarta untuk meredam demonstrasi besar-besaran yang akan dilakukan massa ormas Islam pada Jumat 4 November nanti.

Personel Brimob Polda Jateng. Foto: metrosemarang.com/dok
Personel Brimob Polda Jateng. Foto: metrosemarang.com/dok

Seperti diketahui, unjuk rasa ormas Islam pada 4 November nanti untuk mendesak polisi segera menangkap Gubernur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, karena dianggap menghina ayat suci Alquran.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menegaskan dua kompi Brimob kini telah berjaga ketat di Ibukota Jakarta. Mereka ditugasi mengawal pasukan lainnya saat demonstrasi berlangsung pada Jumat nanti. “Untuk memback-up pengamanan di sana,” katanya, Selasa (1/11).

Dengan perkembangan situasi yang terjadi saat ini, ia meminta kepada semua ormas di wilayahnya agar tidak ikut bertolak ke Jakarta. Lebih baik, kata dia masyarakat Muslim Jawa Tengah di rumah masing-masing untuk mendoakan jalannya demonstrasi supaya dapat berjalan tertib dan lancar.

Meski begitu, ia telah mengendus adanya pergerakan massa dalam jumlah besar yang telah bergerak sporadis dari arah  eks-Karesidenan Surakarta, Kedu Raya dan Semarang. “Kita persilakan kalau mau sampaikan aspirasinya. Kita tetap beri pelayanan dan pengamanan persuasif,”.

Ia menekankan aksi unjuk rasa tak boleh mengganggu ketertiban umum dan pengguna jalan. “Tetaplah patuhi koridor hukum dan menjaga harmonisasi persatuan dan kesatuan antar umat beragama,” tandasnya. (far)