Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Demo KPU, Pendukung Prabowo Ricuh

Demo KPU, Pendukung Prabowo Ricuh

Ratusan pendukung Prabowo kembali mendatangi gedung KPU Jateng, Jumat (8/8). Foto Metro
Ratusan pendukung Prabowo kembali mendatangi gedung KPU Jateng, Jumat (8/8). Foto Metro

SEMARANG – Pendukung calon presiden Prabowo Subianto kembali mendemo Kantor KPU Jawa Tengah, Jumat (8/8). Aksi sempat diwarnai sedikit kericuhan akibat pendemo dilarang masuk Kantor KPU di Jalan Veteran, Semarang itu.

Ratusan pendemo bertopeng kertas itu awalnya berkumpul di kantor DPD Partai Golkar Jawa Tengah sejak usai salat Jumat. Mereka membawa bendera merah putih dan sejumlah poster kecil dengan berbagai tulisan di antaranya “Siap menang siap kalah dengan pemilu bersih” dan “Pemilu curang kemunduran demokrasi”.

Sekitar pukul 14.45, massa mulai berjalan menuju kantor KPU Jateng di Jalan Veteran yang berjarak sekitar 300 meter. Ketika mau masuk gerbang KPU, massa dihalangi puluhan polisi yang berjaga di pintu masuk.

Aksi kemudian memanas setelah massa memaksa masuk dan mendorong barikade. Namun polisi bergeming dan tetap menahan pendemo di luar halaman. Pendemo melampiaskan kekesalan dengan tiduran di jalan.  Akibatnya, Jalan Veteran pun ditutup total. Polisi mengalihkan arus lalu lintas ke Jalan Menteri Supeno.

Koordinator aksi, Asharudin mengatakan aksi dilakukan untuk menuntut Mahkamah Konstitusi menyibak dugaan kecurangan selama Pilpres 2014. Menurutnya, banyak cacat selama penyelenggaraan Pilpres karena KPU sendiri telah diintervensi kekuatan asing. “Kami belum terima hasil pilpres kemarin,” kata Asharudin.(MS-08)