Dewan Dukung Bapenda Punya Kantor Baru

METROSEMARANG.COM – Komisi B DPRD Kota Semarang meminta Pemkot Semarang mempertimbangkan penyediaan kantor baru yang lebih representatif untuk Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Hal itu untuk menunjang pelayanan, sehingga pengelolaan pendapatan serta pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang, Danur Rispriyanto. Foto: dok

Permintaan komisi yang membidangi perekonomian ini, terkait fasilitas pelayanan di Kantor Bapenda Kota Semarang yang sebelumnya dikeluhkan masyarakat. Beberapa warga mengeluhkan fasilitas pelayanan di kantor Bapenda kurang memadai.

Meski secara pelayanan sudah baik, namun ruang pelayanan dinilai terlalu sempit dan ruang parkir kendaraan sangat terbatas. Sehingga membuat warga yang akan mengurus perpajakan kesulitan memperoleh pelayanan maksimal.

Padahal setiap hari ada puluhan warga yang mengurus pajak, di antaranya pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB) dan pajak daerah lainnya.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang, Danur Rispriyanto mengatakan, untuk memberikan pelayanan terbaik, seharusnya Bapenda memiliki kantor yang lebih representatif. Ruang pelayanan, kearsipan, dan kantor untuk staf idealnya terpisah.

‘’Pemkot semestinya mempertimbangkan penyediaan kantor baru yang lebih representatif, bisa di dalam lingkungan balai kota maupun di luar lingkungan balai kota,’’ kata Danur.

Saat ini kantor Bapenda Kota Semarang, lanjutnya, masih tergabung dalam satu lantai di salah satu gedung kompleks Balai Kota Semarang. Padahal di beberapa kota besar di Indonesia, kantor Bapenda sudah berdiri sendiri dengan bangunan minimal empat lantai dan ruang parkir yang luas.

‘’Dengan kondisi saat ini, dikhawatirkan akan mempengaruhi pelayanan. Karena dengan 170  karyawan, serta harus melayani pelayanan warga, Bapenda masih menempati kantor lama yang hanya ada empat sampai lima ruang saja’’, tegasnya. (duh)