Home > METRO BERITA > Dewan Minta Kasus Sewa Menyewa BRT Diusut Tuntas

Dewan Minta Kasus Sewa Menyewa BRT Diusut Tuntas

METROSEMARANG.COM – Disewakannya 8 unit Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang di Dinas Perhubungan Kota Semarang bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng secara ilegal membuat prihatin kalangan DPRD Kota Semarang. Dewan minta kasus ini diusut secara tuntas termasuk jika ada oknum pegawai pemkot yang terlibat.

Ilustrasi
Foto: istimewa

Secara aturan sewa menyewa aset pemkot seharusnya atas seizin Wali Kota Semarang serta ada pertanggungjawaban keuangannya. Namun dalam kasus yang terjadi ini tidak ada izin wali kota dan uang sewanya entah masuk ke kantong siapa. Nilai sewanya sekitar Rp 200 juta.

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan, sewa menyewa 8 unit bis bantuan Pemprov ini terungkap dari hasil pengembangan penyelidikan kepolisian. Polisi menyelidiki hilangnya 32 ban serep bis bantuan pemerintah pusat yang dilaporkan pihak Dishub atas dorongan Wali Kota Semarang.

“Setelah dari BLUD BRT Trans Semarang melaporkan hilangnya beberapa ban serep, dalam perkembangan polisi menemukan sewa menyewa bis bantuan provinsi. Ini jadi keprihatinan kami”, katanya, Senin (9/1).

Selama ini, katanya, pemerintah dan dewan ingin melayani masyarakat dengan perbaikan pelayanan tranportasi. Tapi malah oknum pemkot sendiri yang merusak tatanan yang diinginkan oleh masyarakat tersebut.

Dia berharap kasus ini diusut tuntas. Jika ada oknum pejabat dan pegawai yang terlibat juga harus diusut tuntas tidak pandang bulu. “Siapapun yang mengerjakan dan menerima keuntungan dari sewa menyewa harus diusut”, ujarnya.

Pihaknya belum tahu sejauh mana perkembangan penyelidikan kasus ini. Namun jika ada indikasi dugaan korupsi dalam kasus sewa menyewa ini maka harapannya juga diusut tuntas. Harapannya segera terbuka siapa pelaku, dalang, dan yang menerima aliran dana.

“Bis yang disewakan sudah dikembalikan. Nilai sewanya Rp 200 juta. Yang jelas melanggar karena tanpa seizin wali kota”, tegasnya. (duh)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link