Home > METRO BERITA > Diberi Cek Kosong, Rp 95 Juta Melayang

Diberi Cek Kosong, Rp 95 Juta Melayang

image

SEMARANG – Budi Hermawan (53) pemilik CV Karunia Jaya Glass terpaksa mendatangi Mapolrestabes Semarang, Jumat (25/7). Bos perusahaan yang terletak di Kawasan Industri LIK Kaligawe tersebut mengaku telah menjadi korban penipuan senilai Rp 95 juta.

Pelaku penipuan tersebut tidak lain adalah rekan bisnisnya sendiri, Dwi Iwan (51). Modus yang dilakukan yakni dengan memberikan cek bodong. “Kami terikat hubungan bisnis pemasangan kaca di sebuah ruko milik dia (Dwi-red),” ujar Budi saat melapor.

Kerjasama bisnis tersebut terjalin pada November 2013 lalu. Karena sudah saling mengenal, Budi pun tidak merasa curiga. Terlebih Dwi (terlapor-red), juga memberikan uang muka senilai Rp 10 juta.

Dalam kerja sama tersebut pelunasan kekurangan pembayaran akan dilakukan setelah proses pemasangan kaca selesai pada awal Januari 2014. “Tapi sampai Mei 2014 belum juga dibayar, akhirnya saya menanyakan ke dia dan saya diberi cek,” jelasnya.

Tapi ternyata saat korban hendak mencairkan cek tersebut, pihak bank menolak dan menyatakan cek tersebut palsu.  Bahkan saat korban kembali menghubungi, terlapor tidak menggubris. Kasus tersebut akhirnya dilaporkan ke polisi untuk menempuh jalur hukum. (les)