Dibuka Menpora, Porsimaptar XVII Diikuti 4.877 Peserta

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 4.877 peserta yang terdri dari siswa SMA, mahasiswa serta taruna Akademi Kepolisian (Akpol) ikuti Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa, Pelajar, dan Taruna Akademi Kepolisian (Porsimaptar) XVII. Mereka akan berlomba dalam 10 cabang olahraga dan seni.

Pembukaan Porsimaptar XVII di Lapangan Bhayangkara Akpol, Minggu (19/11). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Porsimaptar kali ini dibuka langsung oleh Menteri Kepemudaan dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Selain itu Porsimaptar 2017 pertama kalinya diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia, dimana tahun sebelumnya hanya diikuti peserta dari Jawa dan Bali.

“Saya mengapresiasi inisiatif yang luar biasa untuk Gubernur Akpol, karena ini cakupannya semakin luas tidak hanya Jawa saja, tapi ini skalanya Nasional,” kata Imam Nahrawi usai memimpin acara pembukaan Porsimaptar XVII di Lapangan Bhayangkara, Akpol, Semarang, Minggu (19/11).

Ia melanjutkan, kegiatan ini juga harus bisa menjadi momentum untuk mencari atlet-atlet baru ataupun memberi kesempatan bagi para siswa, mahasiswa, maupun taruna menjadi bagian dari atlet nasional.

“Ini yang harus jadi momentum untuk kita, untuk memperluas lagi, sehingga anak-anak kita, para pelajar, mahasiswa, dan taruna itu bisa ada kesempatan lebih dalam lagi untuk melebur menjadi satu. Dan pada saatnya mereka akan menjadi bagian dari persiapan atlet-atlet nasional,” imbuhnya.

Sementara, Gubernur Akpol, Irjen Ryco Amelza Dahniel mengatakan, dengan Porsimaptar ini para taruna akan mendapatkan pengalaman dalam berorganisasi tingkat nasional.

“Jadi tujuan utamanya itu untuk memberikan pelatihan dan pembelajaran kepada para taruna untuk mengorganisasi kegiatan tingkat nasional serta meningkatkan komunikasi antar pemuda di seluruh Indonesia,” tukasnya.

Popsimaptar sendiri rencananya akan digelar hingga Jumat (24/11) mendatang dengan mempertandingkan 10 cabang olahraga. Di antaranya sepakbola, futsal, badminton, basket, fotografi, tari tradisional, musik, dan beberapa lainnya. (fen)