Home > METRO BERITA > Diburu Target, DPPAD Gelar Razia Pajak Kendaraan

Diburu Target, DPPAD Gelar Razia Pajak Kendaraan

METROSEMARANG.COM – Untuk memacu target penerimaan pajak tahun 2016, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Jawa Tengah bakal menggelar razia pajak kendaraan bermotor serentak di 35 kabupaten/kota. Kepala DPPAD Jawa Tengah Hendri Santosa mengatakan razia serentak akan dilakukan mulai pekan depan.

Razia pajak kendaraan bermotor yang melibatkan Satpol PP dan polisi di Wonderia, beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok
Razia pajak kendaraan bermotor yang melibatkan Satpol PP dan polisi di Wonderia, beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok

“Di Kota Semarang kita lakukan razia motor tanggal 27 September 2016,” ungkap Hendri saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/9).

Ia mengakui bahwa saat ini sangat sulit mengejar perolehan target penerimaan pajak daerah di sektor pemakaian kendaraan bermotor. Pasalnya, ia menduga faktor utama yang menghambat hal itu ialah rendahnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

Bahkan, ia mengibaratkan bila warga cenderung lebih suka mengalihkan dana membayar pajaknya pada kebutuhan lainnya seperti membeli sebungkus rokok. “Masa’ beli rokok kuat tapi enggak mau bayar pajak motor yang cuma Rp 200 ribu setahun sekali,” cetusnya.

Tak hanya itu saja, katanya. Ia juga menenggarai rendahnya pemasukan pajak daerah disebabkan pertumbuhan ekonomi Jateng yang melambat. Hal itu tentunya berimbas pada pendapatan tiap warga termasuk di Semarang.

“Makanya di Semarang itu jumlah warga yang belum bayar pajak motor sangat banyak. Malahan menempati peringkat pertama setelah Jepara dan Solo. Mungkin saja, warga Semarang daya beli motornya masih rendah karena pasca kebakaran Pasar Johar,” kata Hendri lagi.

Karena itulah, ia mengambil opsi untuk merazia motor-motor yang belum bayar pajak tahunan. Petugasnya mulai pekan depan bakal diterjunkan di 16 kecamatan. Di tiap kecamatan akan didukung layanan Samsat mobile.

Sedikitnya 10 petugas pajak juga dibantu empat polisi, dua personel Samsat. Mereka bertugas merazia pajak sepeda motor hingga Desember nanti. “Mudah-mudahan targetnya bisa tercapai,” tutupnya. (far)