Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Diganggu Listrik, Grand Final Sinden Idol 3 Sempat Dihentikan

Diganggu Listrik, Grand Final Sinden Idol 3 Sempat Dihentikan

METROSEMARANG.COM – Alunan suara gending memenuhi area Kampung Budaya Universitas Semarang (Unnes), Minggu (18/12) malam. Tabuhan gending mengiringi suara merdu 10 finalis Sinden Idol 2016.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Sinden Idol 2016 merupakan gelaran kali ketiga sebagai wujud apresiasi Unnes kepada seni budaya. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Unnes dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jateng.

Rektor Unnes Fathur Rokhman menuturkan, Sinden Idol merupakan kegiatan yang merepresentasikan misi konservasi Unnes. “Ada tiga misi konservasi Unnes dan kegiatan ini misi konservasi ketiga yaitu seni budaya,” Terang Fathur kepada metrosemarang.com di sela-sela acara.

Ajang pemilihan sinden se Jawa ini berhasil menjaring 45 finalis hingga akhirnya terpilih 10 orang grand finalis yang berhak tampil di hadapan dewan juri. Tak hanya dari Jawa Tengah saja peserta juga ada yang berasal dari Jawa Timur dan Jogjakarta.

Kesepuluh finalis yang lolos sudah mendapatkan workshop tentang tata krama dan juga unggah-ungguh seorang sinden. Fathur berharap dengan Sinden Idol 2016 dapat melahirkan generasi baru sinden.

Menurutnya budaya Jawa harus kembali digalakkan dan dilestarikan. Bahkan menurutnya sinden harus bisa dikemas dalam konteks kekinian sehingga tetap awet dan lestari.

“Budaya ini harus dikonservasi agar awet maka semoga setelah ini banyak sinden baru bisa lahir,” ungkapnya.

Gelaran final Sinden Idol 2016 berlangsung meriah meski sempat terkendala lantaran listrik padam. Penampilan peserta memang dihentikan sementara sebelum akhirnya dimulai kembali usai listrik menyala. (vit)