Home > METRO BERITA > Digulung Ombak Laut Jawa, Delapan Nelayan Semarang Selamat

Digulung Ombak Laut Jawa, Delapan Nelayan Semarang Selamat

METROSEMARANG.COM – Delapan nelayan asal Semarang ditemukan selamat setelah perahu yang mereka tumpangi pecah diterjang ombak perairan Laut Jawa, pada Selasa (6/12) kemarin.
Ilustrasi 

Zulharwary Agustianto, Humas Basarnas Kantor Semarang mengatakan kepada metrosemarang.com Rabu pagi (7/12), bahwa kedelapan nelayan itu sempat digulung ombak sejauh 1,5 mil dari Dermaga Pandu Tanjung Emas Semarang.

Ia menyebut kejadian ini diluar nalar manusia. Pasalnya, saat kejadian perahu motor yang dikemudikan Legianto (52) dan Danu Kuncur (20) hendak mengangkut enam pekerja dari KM Dharma Kencana II yang bersandar tak jauh dari dam hijau pelabuhan.

Menurut kesaksian sang nahkoda, Legianto, kapal bertolak pukul 18.00 WIB. Lalu, Danu sedang menaikkan para penumpangnya yaitu Rozak, Dono, Saiful, Hartono, Adi dan Slamet yang merupakan pekerja dari kapal roro.

Saat penumpang terakhir berhasil naik perahu tradisional tersebut, tiba-tiba gulungan ombak besar menghantam perahu yang terbuat dari kayu tersebut.

“Ombak tiga kali menghantam perahu dan langsung menerjang sisi kapal roro” ujar Legianto.

Akibatnya, bagian depan perahunya bocor dan kemudian tenggelam. Namun, untungnya, delapan orang bisa dievakuasi oleh awak kapal yang ada di kapal roro.

Legianto yang sempat hanyut cukup jauh ternyata selamat karena berpegangan pada kayu dan jeriken. Saat ini, delapan orang tersebut dibawa ke pusat kesehatan pelabuhan untuk pemeriksaan lebih lanjut. (far)