Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Dihantam Batu, Bus Rombongan Pengantin Terjun ke Parit, Sopir Tewas Terjepit

Dihantam Batu, Bus Rombongan Pengantin Terjun ke Parit, Sopir Tewas Terjepit

METROSEMARANG.COM – Bus yang mengangkut rombongan pengantin terperosok ke parit setelah dihantam batu di jalur Pati-Rembang KM 15 Desa Ngerang, Kecamatan Juwana, Pati, Rabu (27/7) dinihari. Kecelakaan yang menewaskan sopir bus Subur Jaya bernopol K 1668 ED ini juga mengakibatkan puluhan orang terluka.

Foto: metrojateng.com
Foto: metrojateng.com

Sopir bus naas diketahui bernama Saidi (42) warga Kecamatan Jekulo, Kudus, meninggal di lokasi setelah tubuhnya terjepit badan bus. Bus berpenumpang 45 orang itu bertolak dari Rembang dengan tujuan Magelang.

Salah seorang penumpang, Suranto (60) warga Rembang menuturkan, sopir kehilangan kendali dan banting stir ke kiri saat ada sebongkah batu berukuran segenggam tangan mengenai kaca depan bus. “Saat itu terdengar batu mengenai kaca depan, kemudian sopir banting stir dan bus nyungsep ke lahan kosong di samping rumah warga,” kata Suranto.

Bus berwarna hitam itu nyungsep ke lahan kosong di pinggir jalan. Jarak ketinggian jalan raya dengan lahan tersebut sekitar dua meter. Kerusakan bus bagian depan diperkirakan karena menghantam tanah lahan kosong itu dalam kecepatan tinggi.

“Sebelum hantaman batu mengenai kaca depan bus, ada sepeda motor yang menyalip bus dalam kecepatan tinggi. Saya tidak tahu apakah mereka yang melempar batu atau bukan,” ucapnya.

Unit Laka Satlantas Polres Pati butuh berjam-jam untuk mengevakuasi bangkai bus. Kanit Laka Satlantas Polres Pati, Iptu Komang Kharisma mengakui mengalami kesulitan untuk mengevakuasi bangkai bus.

Menurutnya, 10 kendaraan berat atau derek sudah dikerahkan untuk menarik bus. Namun, tetap saja tidak bisa mengangkat bus dari lahan kosong yang berkedalaman sekitar dua meter dari jalan raya. Bangkai bus berhasil diangkat usai petugas kepolisian mendatangkan crane dari Dishubkominfo Rembang.

Selain menewaskan sopir bus, kecelakaan ini juga mengakibatkan 32 penumpang mengalami luka-luka. Sebagian penumpang mengalami luka memar karena benturan. (metrojateng.com/oby)