Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > DIII Sipil Undip Sukses Selenggarakan Student Civil Engineering Festival 2014

DIII Sipil Undip Sukses Selenggarakan Student Civil Engineering Festival 2014

Seminar “Invovasi Pembangunan Pelabuhan di Indonesia “ dalam SCEF 2104
Seminar “Invovasi Pembangunan Pelabuhan di Indonesia “ dalam SCEF 2104

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki banyak pulau. Untuk penghubung tiap-tiap pulau tersebut membutuhkan infrastruktur yang memadahi. Salah satunya yaitu pelabuhan. Student Civil Engineering Festival 2014 (SCEF 2014) yang mengangkat tema mengenai “Invovasi pembangunan pelabuhan di Indonesia “ akan mengulas secara dalam mengenai pelabuhan di Indonesia, salah satunya adalah pelabuhan Kalibaru.

Dalam dialog dan seminar SCEF 2014 yang dihadiri oleh bapak Ananta Sofwan, yang merupakan ahli struktur proyek pelabuhan Kalibaru, menjelaskan bahwa dermaga memiliki fungsi sebagai sarana sandar kapal untuk bongkar muat kontainer. Tipe struktur waktu proses perencanaan menggunakan sistem quaywall dari sheet pile baja, sistem caison dari beton. Dan ada juga yang menggunakan sistem deck on pile. Namun kelemahan dari sistem deck on pile adalah memakan biaya yang cukup besar dalam proyek.

Dialog SCEF ini berlangsung tanggal 15 September 2014 di gedung Prof. Soedharto, Universitas Diponegoro. Selain dialog dan seminar, ada pula pameran karya bidang yang dihadiri oleh para inovator-inovator muda yang telah menjuarai berbagai lomba di bidangnya masing-masing. Pameran karya bidang ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kompetisi dan ristek di Jawa Tengah khususnya mahasiswa Universitas Diponegoro sendiri. Dalam pameran ini terdapat 3 karya bidang terfavorit menurut audiens.

Karya bidang yang terfavorit ketiga adalah dari Universitas Gadjah Mada dengan nama X-Men ( Explorer of Mechanical ). Mereka membuat sistem persenjataan otomatis yang mampu membidik dan menembak sasaran tanpa perlu campur tangan manusia. Selanjutnya karya bidang terfavorit kedua, yaitu dari Universitas Diponegoro dengan karya potfrigator, yaitu alat pengawet ikan ramah lingkungan hemat energi berbasis cooling dynamic dan nano Co Doped Zno sebagai teknologi dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Lalu pemenang terfavorit pertama pameran karya bidang SCEF 2014 adalah Engineering Diponegoro 14 yang mengambil judul “Payung Teduh“. Payung Teduh ini merupakan perencanaan perumahan yang mengusung konsep Eco House dengan pembangunan berkelanjutan ekologis ekonomis sosiologis dan humanis. (mam)